News  

Fisip Unhas Menerima Dosen Tamu Dari Spanyol

Walai.id, Makassar – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) terus berupaya untuk meningkatkan kerjasama dan jaringan peneliti internasional. 

Pada bulan Oktober 2022 ini, Fisip Unhas menerima Suso Mourelo sebagai dosen dan peneliti tamu, Selasa 01/11/2022.

Suso adalah peneliti independen di bidang budaya dan juga dosen di beberapa universitas, antara lain the University of Guadalajara (Mexico), Penn State University (Amerika Serikat) and Carlos III University of Madrid (Spanyol).

Suso bekerjasama dengan peneliti Unhas untuk melakukan riset terkait dengan budaya dan sejarah bau serta hubungannya dengan kemampuan penghidu manusia pasca Covid 19. 

Kehadiran Suso Mourelo disambut oleh Dr.Phil. Sukri, M.Si selaku Dekan Fisip Unhas dan Prof.Dr.Suparman, M.Si selaku Wakil Dekan bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi di ruang rapat Dekan Fisip Unhas untuk membahas rencana riset yang multidisiplin tersebut. 

Penelitian ini juga melibatkan Dr.Amrullah, MA dari kajian sejarah dan dr. Azmi Mir’ah Zakiah, Sp.THT-KL dari kajian medis dan Andi Ahmad Yani,M.Si, MPA, M.Sc dari kajian administrasi publik.

Selama kunjungan di Makassar, Suso memberikan kuliah tamu tentang pendekatan non-fiksi dalam penelitian sosial yang dihadiri oleh mahasiswa program sarjana, magister dan doktoral Fisip Unhas. Kuliah dilakukan secara hybrid di Aula Prof Syukur Abdullah dan dihadiri 86 orang. 

Selain itu, sebagai dosen Hubungan Internasional, Suso juga memberikan kuliah terkait perkembangan krisis perang Ukraina dan Rusia dengan mahasiswa Departemen Hubungan Internasional (HI) Fisip Unhas. 

Lebih lanjut, Darwis, PhD sebagai Ketua Departemen HI menyampaikan bahwa Suso Mourelo akan menjadi dosen tamu di departemen pada semester depan di tahun 2023 dengan menjadi pengajar tetap di kelas internasional dan regular untuk kajian Eropa dan Asia Pasifik.

Untuk mendapatkan data awal, Suso bersama tim melakukan penelitian lapangan dengan mengunjungi perkebunan cengkeh, kopi dan cokelat di Kabupaten Bulukumba. 

Tim peneliti melakukan wawancara dan observasi mengenai aktifitas petani dan perajin minyak cengkeh di Bulukumba. Hasil studi lapangan ini menjadi data awal untuk mendukung rencana riset bau yang lebih mendalam dengan pelibatan kajian lebih kompleks.

Suso Mourelo telah menyatakan kesediaan untuk menjadi dosen tamu di Fisip Unhas dan akan datang mengajar dan melanjutkan riset di Makassar tahun depan. 

Dr.Sukri, M.Si menyampaikan penghargaan atas kesediaan Suso Mourelo dan menjadi dosen tamu di Fisip pada tahun depan dan berharap akan memotivasi peningkatan kualitas pengajaran di semua program dan departemen di Fisip Unhas. 

Selain itu, Prof.Suparman juga menambahkan bahwa penelitian bersama Suso Mourelo adalah riset kolaborasi yang sangat penting namun masih jarang dieksplorasi dari kajian ilmiah dan multidisiplin yang tentu sangat berpeluang untuk menghasilkan artikel yang akan terbit di jurnal internasional.

Kehadiran Suso menjadi langkah awal dan Fisip Unhas akan mengundang dosen tamu dari berbagai ilmuan dan peneliti internasional lain di tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *