News  

Presiden Tawarkan Apple Investasi Smart City di Ibu Kota Nusantara

Walai.id, Nasional – Presiden Joko Widodo menjalin pertemuan penting dengan CEO Apple, Tim Cook, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jakarta, 17 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menawarkan peluang investasi kepada Apple dalam pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara, serta pembangunan manufaktur perangkat telekomunikasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menjelaskan bahwa Presiden Jokowi mengajak Apple untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Presiden tadi menyampaikan kepada Apple bagaimana bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN,” ungkapnya di Press Room Kementerian Kominfo.

Menurut Menteri Budi Arie, Apple menunjukkan optimisme dalam berinvestasi di Indonesia, terutama melihat peluang besar yang ada, termasuk dalam pembangunan IKN.

Baca Juga :  Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin Kunjungi Dekranas Expo 2024

“Nanti akan ada pembicaraan yang lebih detil. Kementerian Kominfo akan mendukung penuh dan mengawal aspek standardisasi perangkat telekomunikasi,” tambahnya.

Menkominfo juga menyoroti komitmen CEO Apple dalam membuka peluang investasi, yang diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai bagian penting dari rantai pasok global.

“CEO Apple berkomitmen untuk terus ada di Indonesia. Dengan demikian, Indonesia dapat menjadi bagian dari global supply chain untuk industri teknologi dengan menyediakan komponen,” jelasnya.

Menteri Budi Arie Setiadi berharap bahwa pertemuan tersebut akan meningkatkan optimisme di Indonesia, terutama karena Indonesia dan Asia menjadi pasar penting bagi produk perangkat telekomunikasi.

Baca Juga :  Larangan Study Tour Pelajar, Hetifah Sjaifudian: Keliru

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mendorong Apple untuk mengembangkan manufaktur produk telekomunikasi di Indonesia.

“Bagaimana kemungkinan manufacturing Apple di Indonesia, karena saat ini kawasan ASEAN menjadi pasar yang besar bagi Apple dengan 65 juta penduduknya. Dan Indonesia berkontribusi sampai 45% pasar untuk kawasan ASEAN,” tandasnya.

Menkominfo juga mencatat bahwa Apple telah berkontribusi dalam pengembangan talenta digital nasional dengan membangun tiga Apple Developer Academy di Batam, Tangerang, dan Surabaya. “Peningkatan SDM sudah ada, dan nantinya yang keempat rencananya akan dibangun di Bali,” tambahnya.

Pertemuan tersebut disampaikan kepada media oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi, didampingi oleh Wamenkominfo Nezar Patria, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, dan Staf Khusus Menteri Daniel Hutagalung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *