News  

Program Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 Diluncurkan

Walai.id, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengumumkan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan meluncurkan kembali program unggulan, Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, Senin 22/01/2024.

Program ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata yang mendukung minat kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara ke berbagai daerah di Indonesia.

Program KEN 2024 secara resmi akan diluncurkan pada Sabtu, 27 Januari 2024, di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan bahwa program ini akan menampilkan 110 event, terdiri dari 100 event unggulan dan 10 event terbaik.

Baca Juga :  Kinerja Gemilang! Industri Manufaktur Tetap Mendominasi Capaian Ekspor Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan, “Jadi kalau saya mau pilih 10 destinasi untuk berwisata di Indonesia Aja, ini sudah ada event-nya yang bisa saya kunjungi dan 100 (event) untuk sepanjang tahun. Jadi kalau mau healing yang enggak bikin kantong ‘kering’, yang bisa menghilangkan kepala pening, datanglah ke KEN untuk refreshing.”

Plh Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Komang Ayu Astiti, menjelaskan bahwa 110 event KEN 2024 tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Event-event tersebut telah terpilih dari total 252 event yang diajukan oleh pemerintah daerah.

Penyelenggaraan KEN 2024 diharapkan dapat menjadi program yang efektif untuk mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Pemerintah mendorong pemerintah daerah untuk memanfaatkan media sosial guna mempromosikan event secara digital, sehingga daya tarik wisatawan dapat tertuju pada event-event tersebut.

Baca Juga :  Pemerintah Terus Dorong Penggunaan Gas Bumi untuk Mengurangi Subsidi dan Emisi

Ketua Pokja Strategi Promosi Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Eni Komiarti, menyampaikan bahwa KEN 2023 memberikan dampak positif dengan melibatkan 7,4 juta wisatawan, 11 ribu pelaku UMKM, 140 ribu pelaku seni, dan menyerap 36 ribu tenaga kerja.

Program ini juga memberikan kontribusi sebesar Rp199,3 miliar untuk PDB dan mencapai perputaran uang sebesar Rp12,42 triliun.

Untuk peluncuran KEN 2024 di TMII, Kemenparekraf akan menghadirkan KEN Festival yang menggabungkan lima format kegiatan, termasuk budaya, karnaval, seni, musik, dan kuliner.

Festival ini akan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB di Sasono Utomo, TMII, dan terbuka untuk umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *