News  

Kementerian Komunikasi dan Informatika Dorong Pemda Implementasikan Smart City

Walai.id, Tangerang – Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyampaikan dorongan dari Kementerian Kominfo untuk mendorong implementasi smart city di seluruh Indonesia.

Menteri Budi Arie menjelaskan bahwa Gerakan Smart City menjadi program bersama untuk membantu pemerintah daerah memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam penyediaan layanan kepada masyarakat, Pada peresmian Digital Experience Center di Digital Hub BSD City, Kabupaten Tangerang, Kamis 18/1/2024.

Pada tahun 2023, Kementerian Kominfo telah mendampingi 50 pemerintah kabupaten dan kota serta 2 pemerintah provinsi dalam pengembangan smart city.

Menteri Budi Arie menambahkan bahwa pada tahun 2024, 10 pemerintah daerah akan mendapatkan pendampingan pengembangan smart city, dan 17 pemerintah kabupaten dan kota telah mengajukan proposal business matchmaking untuk mendapatkan fasilitas pembangunan infrastruktur smart city melalui Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha.

Baca Juga :  Uji Publik Permendikbudristek Kurikulum Merdeka: Membangun Pendidikan Bersama Pemangku Kepentingan

“Di tahun 2024 kami mengkoordinasi dengan sepuluh pemerintah daerah untuk memberikan pendampingan pengembangan smart city,” kata Menteri Budi Arie.

Menteri Budi Arie juga berharap agar pelaku industri dapat berkolaborasi dalam pengembangan smart city di Indonesia.

Ia mencatat bahwa banyak pembangunan area residen dan komersial yang mengadopsi inovasi teknologi, dan mengajak perusahaan seperti Sinarmas untuk turut serta.

Baca Juga :  Imbauan Masyarakat untuk Memanfaatkan Masa Tenang Menuju Pemilu Serentak 2024

Peresmian Digital Experience Center ini merupakan hasil kerja sama antara PT NTT Indonesia Technology, Microsoft Indonesia, dan Sinarmas Land.

Menteri Budi Arie berharap bahwa pusat pengalaman digital ini akan menumbuhkan inovasi baru yang dapat memberikan kontribusi positif dalam mendorong pengembangan smart city di Indonesia.

Acara ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Penjabat Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir, Chief Executive Officer PT NTT Indonesia Technology Hendra Lesmana, serta jajaran pimpinan Sinarmas Land.

Respon (1)

  1. Makasih infonya! Berita di sini selalu up to date dan relevan. Buat yang suka pendekin link, V.af recommended banget! Cek di V.af ya. Terima kasih lagi buat kontennya! 👍😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *