News  

Indira Yusuf Ismail Tegaskan Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan

Walai.id, Makassar – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, hadir dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Makassar yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar di Hotel Aston, pada Kamis, 20/6/2024.

Dalam sambutannya, Indira menekankan pentingnya partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kota.

“Peringatan hari ini kita harap bukan hanya sekadar seremonial karena tidak otomatis membuat lingkungan kita jadi bersih dan sehat,” ungkap Indira.

Beliau menegaskan bahwa tanggung jawab menjaga lingkungan bukan hanya berada di tangan pemerintah dan pemerhati lingkungan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat.

“Saya juga punya semangat, mari kita sama-sama bergerak. Mulai dari Pemerintah Kota dengan programnya, masyarakat juga harus siap jalankan programnya,” tuturnya.

Baca Juga :  Meriahkan Milad KAHMI ke-58, KAHMI Makassar Bakal Camping

Pada kesempatan itu, Indira turut menyampaikan sejumlah langkah yang diambil TP PKK Kota Makassar untuk mendukung lingkungan yang lebih baik, salah satunya adalah menjalankan program low carbon.

“Di PKK saya minta mulai disiplin untuk less plastik. Itu salah satu upaya dari kami. Jadi semua staf dan anggota harus pakai tumbler. Kita tidak sediakan lagi minuman kemasan plastik. Kita siapkan gelas, galon isi ulang, itu upaya sederhana dari kami menyikapi low carbon city,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Indira juga menjelaskan upaya lain yang dilakukan oleh PKK untuk mendukung lingkungan hijau dengan menanam sejumlah tanaman di lingkungan kantor PKK serta menerapkan pola hemat energi.

“Insyaallah mulai dari kantor PKK, bisa jadi green building, jadi RTH (Ruang Terbuka Hijau), sehingga bisa jadi inspirasi untuk warga,” tambahnya.

Baca Juga :  Danny Pomanto Tegaskan Peran Strategis Media dalam Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Indira juga berharap inisiatif serupa dapat diterapkan di setiap rumah tangga di Makassar sebagai upaya untuk memperbaiki lingkungan.

“Kalau kita sudah mulai dan semua semangat untuk melaksanakan, saya rasa Hari Lingkungan Hidup ini bisa tiap hari kita peringati. Mulai dari aksi kecil dan sederhana, dari diri kita, di rumah kita sendiri,” beber Indira.

Menutup sambutannya, Indira mengajak semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang baik, tertata bersih, dan sehat.

“Kita harus menciptakan lingkungan itu baik, tertata bersih dan sehat, sehingga branding Makassar kota sehat itu terbukti,” tandasnya.

Pada momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Makassar ini, Indira juga menyerahkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada sejumlah sekolah yang berhasil menerapkan pola peduli lingkungan.

Tinggalkan Balasan