News  

Makassar Masuk Kota Terhappy di Dunia, Satu-satunya Dari Indonesia

Walai.id, Makassar – Kota Makassar kembali menorehkan prestasi gemilang dengan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar Kota Terhappy di dunia.

Berdasarkan Happy City Index, Makassar menempati peringkat 234 dari 250 kota di seluruh dunia, meraih medali bronze dari tiga label yaitu Gold, Silver, dan Bronze.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Makassar sudah dapat tiga kategori secara internasional. Pertama, City Index pada posisi 157 di dunia. Kedua, Smart City Index masuk pada posisi 115 di dunia, dan ketiga adalah Happiness Index yang masuk sebagai salah satu dari 250 kota di dunia dari 10 ribu yang dianggap sebagai kota terbahagia,” ujar Danny Pomanto usai Rapat Koordinasi Lingkup Kota Makassar di Kantor Balaikota, pada Rabu (19/06/2024).

Baca Juga :  Pemkot Makassar Siapkan Peraturan Wali Kota untuk Keberlanjutan Program RISE

Predikat ini sekaligus menepis image Makassar sebagai kota dengan banyak demonstrasi dan isu lainnya yang tidak terbukti.

“Happiness Index Kota Makassar mencapai 82,9 persen. Artinya, ini terbukti secara dunia,” tambahnya.

Baca Juga :  Realisasi Investasi Kota Makassar Capai Rp 5,89 Triliun pada 2023

Indeks kota terbahagia dihitung berdasarkan beberapa indikator, yaitu City dengan skor 207,1, Government dengan skor 225,8, Economy dengan skor 322,9, Environment dengan skor 230,6, dan Mobility dengan skor 244,3. Total skor yang diperoleh Kota Makassar adalah 1230,7.

“Lebih bagus dari beberapa kota di dunia, dan satu-satunya dari Indonesia ialah Makassar,” kata Danny Pomanto bangga.

Prestasi ini menandai langkah positif Makassar di kancah internasional, menunjukkan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan kota dan meningkatkan citra positif di mata dunia.

Tinggalkan Balasan