News  

Wamenkominfo Usulkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI

Walai.id, Nasional – Pemerintah Republik Indonesia aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan The 3rd Summit for Democracy atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Demokrasi ke-3 Tahun 2024.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, turut serta dalam acara tersebut yang membahas pengembangan demokrasi untuk generasi mendatang.

Dalam forum ini, Wamen Nezar Patria membagikan pengalaman Indonesia dalam merumuskan pengaturan terkait Publisher Rights dan mengusulkan Indonesia sebagai tuan rumah Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI.

Dalam Sesi Panel “Protecting Information Integrity in Low- And Middle-Income Countries: The Future of News in the Age of Generative AI” dalam Forum KTT Demokrasi ke-3 di CEOX, Seoul, Korea Selatan, pada Selasa (19/03/2024).

Baca Juga :  Presiden Pimpin Rapat Terbatas, Bahas Dampak Geopolitik di Timur Tengah

Wamen Nezar Patria menjelaskan bahwa Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas atau Perpres “Publisher Rights” telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Februari 2024.

Tujuan utama dari pengaturan ini adalah untuk mendorong ekosistem media yang sehat dan berkelanjutan di Indonesia.

Peraturan tersebut memandatkan pembentukan komite independen untuk mengawasi pelaksanaan hak-hak bagi para penerbit dan memastikan keadilan dalam implementasinya.

Selain membahas perkembangan Publisher Rights, Wamen Nezar Patria juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pertama penyelenggaraan The Annual Global South Forum on Artificial Intelligence Governance atau Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI.

Baca Juga :  Permendag Direvisi, Mendag Zulkifli Hasan Tegaskan PMI Lebih Leluasa Kirim Barang ke Indonesia

Dalam penjelasannya, Wamenkominfo mengungkapkan bahwa keberadaan Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI sangat penting untuk mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dari negara-negara Global Selatan dalam membahas Tata Kelola AI.

Forum tersebut akan memfasilitasi diskusi komprehensif tentang pengembangan, tantangan, dan peluang yang dihadirkan oleh AI serta mengembangkan hasil dan rencana aksi konkret untuk pemberdayaan Global Selatan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

Selain itu, forum tersebut juga akan mendorong transfer pengetahuan dan teknologi terkait pengembangan AI pada negara-negara Global Selatan. Rangkaian KTT Demokrasi ke-3 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Korea Selatan berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2024.

Dalam forum bertema Democracy for Future Generations tersebut, Wamenkominfo Nezar Patria didampingi oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *