News  

Zulkifli Hasan: Kebutuhan Sandang dan Pangan untuk Lebaran Lengkap dengan Harga Ekonomis

Walai.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan telah memastikan ketersediaan kebutuhan sandang dan pangan untuk menyambut Lebaran tahun ini.

Dengan terus memantau barang kebutuhan pokok (bapok) di pasar rakyat, masyarakat dapat berbelanja dengan harga lebih ekonomis dan terjangkau.

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan hal ini usai melakukan peninjauan di Pusat Perbelanjaan ITC Mangga Dua di Jakarta Utara pada Minggu, 17 Maret 2024.

Dalam kunjungannya tersebut, Mendag didampingi oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Luncurkan “unBALIvable” Sebagai Merek Kolektif Bali

“Saat hari kerja, kami memperhatikan harga cabai, beras, ayam, telur, dan lain-lain di pasar rakyat. Namun, saat hari libur, kami bergerak ke pusat perbelanjaan grosir karena ketersediaan sandang dan pangan terkait dengan perayaan Lebaran. Ketersediaan pangan dan sandang di sini lengkap dan harganya ekonomis,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag juga menyoroti kebutuhan pokok seperti cabai, yang sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait perlu mengembangkan sistem pertanian yang adaptif terhadap kondisi cuaca untuk memastikan ketersediaan cabai yang memadai.

“Terkait dengan beras, pemerintah melalui Bulog telah menyediakan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp10.900/kg dan beras premium dengan harga Rp14.000/kg. Pemerintah juga menjamin ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Butuh 4 Juta Talenta, Menteri Budi Arie Ajak Industri Cetak Ahli Keamanan Siber

Mendag juga menyebut bahwa harga telur dan ayam telah mulai turun, memberikan keterangan bahwa ketersediaan barang-barang kebutuhan untuk Lebaran seperti baju, mukena, dan sarung baru juga sudah tersedia dengan harga ekonomis.

“Dengan tersedianya barang kebutuhan pokok dan sandang yang lengkap serta harga yang terjangkau, kami berharap Lebaran kali ini dapat berlangsung dengan baik, aman, dan lancar, serta masyarakat dapat merayakannya dengan bahagia,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *