News  

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Memimpin Aksi Bersih Negeri Serentak

Walai.id, Karawang – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, memimpin Aksi Bersih Negeri Serentak bersama seluruh unsur masyarakat di Karawang, Jawa Barat, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, pada Jumat, 8 Maret 2024.

Aksi Bersih Negeri ini diikuti secara serentak di 34 lokasi kegiatan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dunia usaha, asosiasi, Bank Sampah, komunitas, dan masyarakat.

Aksi Bersih Negeri, yang berpusat di Kabupaten Karawang, dihadiri oleh lebih dari 1500 peserta dari berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh tamu kehormatan dari Duta Besar Negara Sahabat atau perwakilan, serta mitra pembangunan/donor yang mendukung acara ini.

Baca Juga :  Polri Himbau Masyarakat untuk Berkendara Aman dalam Arus Balik Lebaran

Peserta Aksi Bersih Negeri berfokus pada membersihkan berbagai titik area, seperti sungai, danau, pantai, dan lokasi lain yang terdapat tumpukan sampah. Sampah yang dikumpulkan akan dipilah dan diolah: sampah anorganik dengan nilai ekonomi dibawa ke Bank Sampah/Fasilitas berbasis 3R, sementara sampah organik diolah menjadi kompos atau melalui pengolahan lainnya.

Menteri Siti dalam pidatonya menekankan pentingnya revolusi perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah untuk mencapai target Indonesia Bersih 2025 dan Zero Waste Zero Emission.

Ia menyatakan bahwa pengelolaan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh komponen masyarakat.

Melalui Aksi Bersih Negeri, Kemendikbudristek ingin menyampaikan pesan bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat mencegah masalah lingkungan di masa depan.

Baca Juga :  Makassar Government Center (MGC) Siap Beroperasi pada Juli

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum perubahan pola pengelolaan sampah di seluruh daerah guna mencapai Indonesia Bersih 2025.

Dengan mengambil tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”, HPSN 2024 bertujuan untuk mengatasi polusi plastik, memperkuat posisi Pemerintah Indonesia dalam International Legally Binding Instrument on Plastic Pollution (ILBI), serta mempersiapkan diri dalam melaksanakan komitmen Zero Waste Zero Emission 2050.

Aksi Bersih Negeri 2024 diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan pemahaman masyarakat tentang pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Semua ini merupakan upaya bersama untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pengelolaan sampah yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *