News  

Sahkan RUPTL PT BKMS, Kementerian ESDM Dukung Keandalan Listrik

Walai.id, Nasional – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung implementasi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, pada Senin 26 Juni 2023.

Dalam acara Diseminasi RUPTL PT BKMS, Kementerian ESDM menyampaikan komitmen mereka untuk memastikan pasokan listrik yang andal dan efisien.

Dalam perencanaan ketenagalistrikan, keseimbangan antara kebutuhan dan pasokan tenaga listrik menjadi faktor penting. Pasokan listrik yang tidak mencukupi dapat mengurangi daya tarik investasi di sektor industri, terutama di KEK seperti JIIPE.

Baca Juga :  Pemerintah Revisi Aturan Untuk Atasi Kendala Perizinan Impor dan Penumpukan Kontainer

Oleh karena itu, pemerintah mendorong penyediaan reserve margin yang memadai untuk menjaga kontinuitas pasokan listrik.

PT BKMS, yang merupakan pemegang wilayah usaha di JIIPE, adalah bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang didukung oleh pemerintah.

Pemerintah juga mendukung penyediaan tenaga listrik untuk kegiatan hilirisasi pemurnian mineral, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain keandalan pasokan listrik, tuntutan akan sumber energi baru terbarukan juga semakin meningkat. Pemanfaatan energi terbarukan sejalan dengan arah kebijakan energi nasional yang berupaya bertransisi dari energi fosil menjadi energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Baca Juga :  Indonesia Menjadi Tuan Rumah Lokakarya Digital Transformation Center (DTC) ITU

Dalam penyediaan tenaga listrik, PT BKMS membutuhkan dukungan dari stakeholder terkait, termasuk PT PLN (Persero).

Kerja sama antar wilayah usaha sebesar 500 MW antara PT BKMS dan PT PLN diharapkan dapat mengurangi kelebihan kapasitas di sistem Jawa-Bali dan meningkatkan keandalan pasokan listrik.

Dalam menyampaikan dukungannya, Direktur Utama PT BKMS menekankan pentingnya ketersediaan tenaga listrik yang berkelanjutan, terjangkau, dan handal untuk mendukung industri manufaktur di KEK Gresik mencapai target yang ditetapkan pemerintah.

Kementerian ESDM berharap implementasi RUPTL dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu, sehingga tujuan penyediaan tenaga listrik yang cukup dan andal dapat tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *