News  

Mendag Zulkifli Hasan Ajak Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Digital

Walai.id, Denpasar – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak mahasiswa berperan aktif dalam pengembangan ekonomi digital ke depan melalui inovasi dan kolaborasi. 

Kontribusi ekonomi digital dalam pertumbuhan ekonomi nasional sangat signifikan. Transaksi perdagangan melalui berbagai platform digital menunjukkan kenaikan fantastis sehingga prospek di masa depan akan semakin kompetitif.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat menjadi narasumber secara daring pada Seminar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali pada hari ini, pada Jumat (25/11) yang mengangkat tema “Perdagangan dan Ekonomi Kreatif di Era Digital 5.0”.

“Ekonomi digital telah menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Mahasiswa yang tentu sudah melek teknologi harus sebisa mungkin memanfaatkan berbagai kemudahan dan fitur dari ekonomi digital, dan tidak henti melahirkan inovasi yang bermanfaat,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Bupati Maros Membuka Musrenbang Khusus untuk Perempuan, Anak, dan Disabilitas Tahun 2024

Mendag Zulkifli Hasan memaparkan, seiring pertumbuhan ekonomi dan surplus neraca perdagangan Indonesia, digitalisasi perdagangan dan keuangan, juga meningkat signifikan. 

Misalnya, hingga Agustus 2022 tercatat nilai transaksi uang elektronik tumbuh 43 persen, volume transaksi QRIS tumbuh 184 persen, serta nilai transaksi digital banking tumbuh lebih dari 30 persen.

Mendag Zulkifli Hasan juga menegaskan, Kemendag terus mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia melalui pengaturan, pembinaan, dan pemantauan e-commerce, serta digitalisasi pasar tradisional dan UMKM. 

“Ekonomi Digital bahkan menjadi diskusi tersendiri dalam forum G20 pekan lalu. Pada Presidensi G20 Indonesia, kita juga menghasilkan kesepakatan yang komprehensif dan konkret terkait percepatan pengembangan ekonomi digital,” urai Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Topang Kemajuan Industri Otomotif, Kemenperin Mencetak Tenaga Las yang Kompeten

Mendag Zulkifli Hasan memberikan semangat agar para mahasiswa melalui bakat dan minatnya, memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang tidak terbatas dalam era digital saat ini. 

Kementerian Perdagangan akan terus mendorong terwujudnya ekosistem ekonomi digital yang membuka peluang dan kesempatan untuk semua, melalui sinergi dengan berbagai pihak.

“Saya berharap mahasiswa dapat memanfaatkan sebaik mungkin peluang ini dengan menjadi SDM yang cerdas dan kreatif. Generasi muda yang terus belajar, berkolaborasi, dan berinovasi dapat berkontribusi dalam upaya mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *