News  

Kemkomdigi dan Operator Seluler Hadirkan Paket Komunikasi Khusus Nataru 2025/2026

Walai.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Digital bekerja sama dengan seluruh operator seluler di Indonesia menyediakan paket komunikasi khusus Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. Langkah ini dilakukan untuk memastikan masyarakat tetap terhubung dengan biaya lebih terjangkau selama masa liburan.

Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menekankan bahwa akses komunikasi yang murah dan andal menjadi kebutuhan penting selama perayaan, ketika lalu lintas data dan panggilan meningkat signifikan.

“Untuk mendukung Nataru ini ada diskon dan kemudahan tambahan yang akan diberikan oleh teman-teman operator kepada para pelanggan,” ujar Meutya dalam Apel Siaga Satuan Tugas Kualitas Layanan Telekomunikasi Nataru 2025/2026 di Kantor Kemkomdigi, Jakarta Pusat, Jumat (19/12/2025).

Baca Juga :  Presiden Prabowo Jenguk Korban Kecelakaan di Cilincing

Meutya meminta operator seluler meningkatkan kapasitas BTS untuk mengakomodasi kebutuhan telekomunikasi masyarakat selama libur Nataru, yang diperkirakan meningkat hingga 30 persen dibandingkan hari biasa.

Untuk memantau kualitas layanan, Kemkomdigi membentuk Satuan Tugas Posko Bersama yang beroperasi mulai 19 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Sebanyak 255 posko disiagakan di berbagai daerah, termasuk 35 posko pengawasan spektrum frekuensi radio di bandara. Posko ini ditempatkan di titik-titik strategis, seperti simpul transportasi dan kawasan wisata.

Operator juga diminta memastikan ketersediaan cadangan energi pada infrastruktur, mengingat risiko bencana meningkat akibat tingginya curah hujan.

Baca Juga :  Kementerian ESDM Intensifkan Bantuan dan Pemulihan Energi bagi Korban Bencana Hidrometeorologi di Sumatra

“Sesuai arahan Presiden, kita mencermati wilayah dengan potensi hujan tinggi. Operator diminta memastikan cadangan energi, seperti genset dan baterai cadangan dalam kapasitas penuh, terutama di daerah kritis,” tegas Meutya.

Menutup sambutannya, Meutya memberikan semangat kepada seluruh petugas, termasuk pegawai Kemkomdigi di Balai Monitoring SFR daerah, yang tetap siaga selama masa libur Nataru.

“Meskipun yang lain berlibur, teman-teman Balmon justru sedang dalam masa sibuk. Kami minta untuk berkoordinasi dengan operator jika terjadi penurunan kualitas layanan,” pungkasnya.