News  

Danny Pomanto Hadiri Penyampaian LHP LKPP Tahun 2023

Walai.id, Jakarta – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menghadiri acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023 di Jakarta Convention Center pada Senin (8/7/2024).

Acara ini dihadiri oleh Presiden Ir. Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, para Menteri dan Kabinet Indonesia Maju, serta seluruh Kepala Daerah, termasuk Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Acara yang diadakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) ini mengusung tema ‘Menguatkan Pondasi Keuangan Negara Menuju Indonesia Emas 2045’.

Laporan Hasil Pemeriksaan diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI, Isma Yatun, kepada Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada BPK RI atas pelaksanaan tugas pemeriksaan keuangan negara dengan profesionalisme yang terus meningkat.

Baca Juga :  Danny Pomanto Pererat Kerja Sama dengan Kepala Kejari yang Baru

Presiden juga memberikan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah tahun ini.

“Predikat WTP bukanlah sebuah prestasi, melainkan kewajiban pemerintah pusat dan daerah dalam mengelola APBN dan APBD secara baik serta mempertanggungjawabkannya dengan baik,” tegas Presiden Jokowi.

Presiden juga menyoroti kondisi ekonomi global yang sedang bergejolak dengan pertumbuhan ekonomi global yang melambat, diperkirakan hanya 3,2% tahun ini.

Namun, Presiden Jokowi bersyukur bahwa ekonomi dan politik Indonesia tetap stabil, dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5%. Pada kuartal pertama tahun ini, ekonomi Indonesia tumbuh 5,11% dan inflasi tetap terjaga.

“Kondisi ini dikarenakan kerja sama Bank Indonesia dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang rutin bertemu dengan kepala daerah untuk menjaga inflasi di setiap daerah,” tambah Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Wakil Bupati Maros Pimpin Rakor Evaluasi TPPS Kabupaten Maros

Presiden juga menekankan pentingnya kelincahan, kecepatan, dan taktik untuk bisa bersaing dengan negara lain, serta keseimbangan antara akuntabilitas dan fleksibilitas dalam memanfaatkan peluang sekecil apapun.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dalam kesempatan tersebut juga menegaskan bahwa ekonomi Kota Makassar tumbuh positif di tengah tantangan global. Pada tahun 2023, ekonomi Kota Makassar tumbuh sebesar 5,31%, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan nasional sebesar 5,05% dan Sulawesi Selatan sebesar 4,51%.

Di bawah kepemimpinan Danny Pomanto, Makassar berhasil mempertahankan predikat WTP selama tiga tahun berturut-turut untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021, 2022, dan 2023, setelah sebelumnya hanya meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) pada LKPD Tahun Anggaran 2020.