News  

Layanan Publik Kembali Pulih Pascagangguan Pusat Data Nasional

Walai.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi, mengumumkan pemulihan layanan publik secara bertahap menyusul gangguan pada Pusat Data Nasional.

Gangguan ini berdampak pada beberapa layanan publik, termasuk layanan keimigrasian di bandar udara.

“Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap,” tegas Budi Arie di Jakarta Pusat, pada Kamis, 20/6/2024.

Baca Juga :  KPPI Selidiki Produk Impor Expansible Polystyrene dari Taiwan, Tiongkok, dan Vietnam

Gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara yang dikelola oleh Kementerian Kominfo menyebabkan terganggunya beberapa aplikasi layanan nasional yang terintegrasi.

Menkominfo memastikan tim teknis bekerja keras untuk mengatasi masalah ini dan mempercepat proses pemulihan agar layanan publik kembali normal.

“Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan,” tandasnya.

Pusat Data Nasional Sementara berbasis cloud digunakan bersama oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Penyediaan ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang mengharapkan proses migrasi data center dari instansi pemerintah berjalan secara bertahap.

Baca Juga :  Mendag Zulkifli Hasan Dorong Pembentukan Satgas Pengawasan Barang Impor Ilegal

Proses pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Cikarang, Jawa Barat, sedang berlangsung dan diharapkan selesai tahun ini. Pemerintah juga merencanakan pembangunan Pusat Data Nasional di Batam dan Ibu Kota Nusantara.

Tinggalkan Balasan