News  

Menteri Perdagangan Serahkan Sertifikat Halal kepada 223 UMKM

Walai.id, Jakarta – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyerahkan sertifikat halal kepada enam perwakilan dari 223 UMKM yang telah didampingi oleh Kementerian Perdagangan sepanjang tahun 2023.

Acara ini berlangsung di Kantor Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Ciracas, Jakarta, pada Selasa, 28/5/2024.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan menyatakan bahwa Kementerian Perdagangan memberikan dukungan penuh kepada pelaku UMKM dalam memenuhi kewajiban produk halal melalui pendampingan proses sertifikasi halal.

“Kewajiban produk halal adalah langkah penting untuk memastikan kepercayaan konsumen dan memperluas pasar UMKM kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Tegas Larang dan Peringatkan Bahaya Judi Online

Selain penyerahan sertifikat, acara ini juga menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Implementasi Sertifikasi Halal dan Pengawasan Produk Halal di Bidang Perdagangan.

Perjanjian ini dilakukan antara Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Moga Simatupang, menekankan bahwa penyelenggaraan jaminan produk halal merupakan salah satu upaya utama untuk menegakkan perlindungan konsumen.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Baca Juga :  Menkominfo Ajak Pelaku Bisnis Optimalkan Pemanfaatan AI

Menteri Perdagangan juga meresmikan Ruang Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) III di Balai Pengujian Mutu Barang dengan menandatangani prasasti sebagai simbol peresmian. Zulkifli Hasan berharap, pembaruan Ruang UPTP III ini dapat mendukung fungsi ekonomi pemerintah dan menggerakkan ekonomi nasional.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Kementerian Perdagangan, termasuk Plt. Sekjen Kemendag, Suhanto; Irjen Kemendag, Veri Anggrijono; Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Karim; dan Staf Khusus Mendag Bidang Promosi Perdagangan Dalam Negeri, Hadi Daryanto.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *