News  

Bupati Maros Resmi Membuka Kegiatan Workshop UMKM di Kecamatan Marusu

Walai.id, Maros – Sebagai bagian dari rangkaian acara Temu Wicara Maros Keren yang berlangsung di Kecamatan Marusu, Bupati Maros, Dr. H.A.S Chaidir Syam, S.IP., M.H, secara resmi membuka kegiatan Workshop Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tema “Sinergitas Stakeholder Dalam Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM Guna Meningkatkan Potensi Lokal yang Berdaya Saing”, Maros, 14 Mei 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Kantor Camat Marusu dan dihadiri oleh berbagai stakeholder serta pelaku UMKM setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Chaidir Syam menekankan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian daerah. 

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita. Melalui workshop ini, kami berharap dapat memperkuat sinergi antara berbagai stakeholder untuk memberdayakan dan mengembangkan UMKM, sehingga mampu meningkatkan potensi lokal yang berdaya saing,” ujar Bupati.

Workshop ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari dinas terkait, lembaga keuangan, akademisi, dan para pelaku UMKM dari berbagai sektor. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, keterampilan, dan dukungan yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka lebih lanjut.

Baca Juga :  Wakil Bupati Maros Bersama Ketua DWP dan Wakil Ketua I DPRD Ikuti Seminar Bertajuk Ketahanan Keluarga

Selama workshop, para peserta mendapatkan berbagai materi dan pelatihan yang meliputi strategi pemasaran, manajemen usaha, akses permodalan, dan inovasi produk. 

Beberapa sesi juga menghadirkan pembicara ahli yang memberikan wawasan mengenai tren pasar dan peluang bisnis terbaru.

Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin, S.STP., M.Si, yang turut hadir dalam acara ini, menyatakan bahwa pemberdayaan UMKM merupakan salah satu fokus utama pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung UMKM melalui berbagai program pelatihan, fasilitasi akses permodalan, dan pemasaran produk,” ujarnya.

Para pelaku UMKM yang hadir dalam workshop ini menyambut baik inisiatif pemerintah. Mereka berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat nyata bagi pengembangan usaha mereka. 

“Dengan adanya workshop ini, kami mendapatkan banyak ilmu dan jaringan yang bisa membantu mengembangkan usaha kami ke depannya,” ungkap salah satu peserta workshop.

Baca Juga :  Danny Pomanto Hadiri World Water Forum ke-10 di Bali, Satu-Satunya Wali Kota

Bupati Chaidir Syam juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam mendukung kemajuan UMKM. 

“Sinergi yang kuat antara semua pihak akan menghasilkan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM. Kami berharap, melalui kerja sama ini, UMKM di Kabupaten Maros dapat semakin berkembang dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah,” tambahnya.

Selain materi dan pelatihan, workshop ini juga menyediakan sesi konsultasi dan mentoring bagi para pelaku UMKM. Melalui sesi ini, mereka dapat berdiskusi langsung dengan para ahli dan mendapatkan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan usaha.

Kegiatan Workshop UMKM ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi pemberdayaan UMKM di Kabupaten Maros, mendorong inovasi, dan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar yang lebih luas. 

“Kami optimis bahwa dengan komitmen dan kerja keras, UMKM di Maros akan mampu bersaing dan tumbuh lebih kuat,” tutup Bupati Chaidir Syam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *