News  

Presiden Jokowi Apresiasi Electric Vehicle Show 2024

Walai.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan pameran kendaraan listrik Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) Electric Vehicle Show Tahun 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Jumat, 3 Mei 2024.

Kepala Negara mengapresiasi pameran tersebut sebagai ajang untuk mengamati perkembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air.

“Pameran kendaraan listrik saya lihat sangat bagus sekali. Yang banyak memang sepeda motor, yang kedua mobil, juga ada bus, ada truk, semuanya ada,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers kepada awak media usai peninjauan.

Presiden juga menegaskan bahwa Indonesia masih memiliki peluang besar dalam pangsa pasar kendaraan listrik. Produksi sepeda motor listrik saat ini baru mencapai sekitar 100 ribu motor dari kapasitas yang ada sekitar 1,6 juta motor per tahun.

Baca Juga :  Perekonomian Indonesia Mengalami Penguatan di Pertengahan Tahun 2024

“Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali,” ungkap Presiden.

Presiden turut menjelaskan perkembangan terbaru dalam industri kendaraan listrik di Tanah Air, di mana pabrik industri baterai akan mulai beroperasi pada bulan depan. Presiden juga menekankan pentingnya menjaga pembangunan ekosistem kendaraan listrik.

“Ini bangunan besar ekosistem EV (electric vehicle) ini betul-betul harus kita jaga jangan sampai ada hambatan-hambatan. Saya rasa goal-nya kesana,” ucap Presiden.

Terkait alih teknologi, Presiden menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri agar terus berjalan. Hal ini penting agar Indonesia siap berkompetisi secara global dalam industri kendaraan listrik.

Baca Juga :  Indonesia Menjadi Tuan Rumah Lokakarya Digital Transformation Center (DTC) ITU

“Ini sudah dimulai sehingga kalau nanti industri baterai listriknya jadi, pabrik mobil listrik, sepeda motor listrik, bus listrik semuanya jadi, segera ekosistemnya akan terbentuk,” tutur Presiden.

“Inilah daya saing yang ingin kita tunjukkan bahwa kita memang siap untuk berkompetisi di arena global,” tandas Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini adalah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Presiden yang juga Ketua Umum Periklindo Moeldoko, serta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *