News  

Pendaftaran Program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 Resmi Dibuka

Walai.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran untuk Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) Merdeka tahun 2024.

Hal ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi dan memperkuat sumber daya manusia Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Peluncuran program ini diumumkan dalam sebuah webinar Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka di Jakarta pada Senin, 12 Februari 2024.

Abdul Kahar, Pelaksana tugas Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP), mengungkapkan bahwa Kemendikbudristek telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,9 triliun untuk tahun 2024 guna mendukung Program KIP Kuliah Merdeka.

Baca Juga :  BKN Tidak Akan Melakukan Pendataan Ulang Pegawai Non-ASN Tahun 2024

Anggaran ini akan digunakan untuk membiayai pendidikan bagi total 985.577 mahasiswa, termasuk 200.000 mahasiswa baru penerima KIP Kuliah serta sisanya adalah mahasiswa yang telah menerima bantuan biaya pendidikan sebelumnya.

Penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2024 akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, bantuan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi, dan bantuan biaya hidup per bulan yang ditransfer langsung ke rekening mahasiswa.

Besaran bantuan biaya hidup akan disesuaikan dengan indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi.

Selain itu, Kemendikbudristek berencana untuk meningkatkan kualitas dan layanan Program KIP Kuliah Merdeka di tahun 2024. Ini termasuk peningkatan kuota penerima, integrasi data calon penerima yang lebih baik, pengembangan layanan pembiayaan melalui fintech, dan upaya lainnya.

Baca Juga :  Kemenparekraf Dorong Pembentukan Manajemen Krisis Kepariwisataan di Daerah

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menekankan pentingnya program ini dalam memberikan kesempatan kepada seluruh anak Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi, terutama bagi mereka dari keluarga miskin.

Dia berharap Program KIP Kuliah Merdeka di tahun 2024 dapat memberikan harapan baru bagi generasi muda Indonesia untuk menggapai pendidikan tinggi dan memutus mata rantai kemiskinan.

Program KIP Kuliah Merdeka menjadi salah satu instrumen penting dalam upaya pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia unggul yang akan menjadi tulang punggung pembangunan Indonesia menuju masa depan yang lebih sejahtera dan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *