News  

Desa Sambueja Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2023

Walai.id, Maros – Desa Sambueja, yang berada di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, meraih penghargaan prestisius dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023. 

Penghargaan ini diberikan dalam kategori Pemerintahan Desa sebagai Badan Publik Menuju Informatif oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan. 

Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan pada Rabu 20/12/2023.

Penerimaan penghargaan ini menjadi bukti komitmen Desa Sambueja dalam menerapkan prinsip keterbukaan informasi publik. 

Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar, dalam sambutannya menggarisbawahi pentingnya keterbukaan informasi sebagai salah satu parameter tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca Juga :  Target Kursi Pileg Terpenuhi, PAN Maros Otw Ketua DPRD

Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, Pahir Alam, menjelaskan bahwa keterbukaan informasi publik bertujuan untuk mengurangi potensi Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). 

Ia menyoroti bahwa semakin terbuka suatu badan publik, semakin kecil peluang terjadinya KKN.

Desa Sambueja meraih penghargaan ini berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2023. 

Pencapaian ini didukung oleh keberlakuan Peraturan Desa Nomor 2 Tahun 2022 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Peraturan Kepala Desa Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama.

Baca Juga :  Irfan AB Dorong Modernisasi Pengelolaan Pondok Pesantren

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Maros, Idrus, menyatakan komitmennya untuk terus mendorong desa-desa di Kabupaten Maros agar menjalankan prinsip keterbukaan informasi publik. 

Hal ini dianggap sebagai langkah penting dalam mewujudkan pemerintahan desa yang partisipatif dan transparan.

Desa Sambueja menjadi salah satu dari tiga desa di Kabupaten Maros yang mendapatkan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, dengan kategori “Menuju Informatif” untuk tahun 2023. 

Kepala Desa Sambueja, Darawati, menyampaikan bahwa memberikan informasi dan pelayanan transparan kepada masyarakat merupakan prioritas utama dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *