News  

Pertemuan Menteri Perdagangan RI dan Jepang

Walai.id, Osaka – Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Nishimura Yasutoshi, saat berlangsungnya G7 Trade Ministers Meeting (GMM) di Osaka, Jepang, pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Perdagangan RI mendorong pemerintah Jepang untuk mengeliminasi tarif pada produk ikan olahan Indonesia, sebagai langkah untuk memajukan perundingan Protokol Perubahan Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Baca Juga :  Makassar Government Center (MGC) Siap Beroperasi pada Juli

Menteri Perdagangan RI juga menekankan pentingnya meningkatkan perdagangan antara kedua negara melalui berbagai perjanjian, termasuk Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), dan ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership Agreement (AJCEP).

Pada tahun 2022, total perdagangan antara Indonesia dan Jepang mencapai USD 42,03 miliar. Ekspor Indonesia ke Jepang mencapai USD 24,85 miliar, sementara impor Indonesia dari Jepang sebesar USD 17,18 miliar. 

Baca Juga :  Polri Himbau Masyarakat untuk Berkendara Aman dalam Arus Balik Lebaran

Hal ini menghasilkan surplus perdagangan Indonesia terhadap Jepang sebesar USD 7,68 miliar.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Perdagangan didampingi oleh Duta Besar RI di Tokyo, Heri Akhmadi; Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; dan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Hasibuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *