News  

Kemenperin Meluncurkan Sertifikasi TKDN Digital untuk Dukung Produk Dalam Negeri

Walai.id, Nasional – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengambil langkah signifikan dalam mendukung Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan memperbarui dan mengembangkan proses sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi digital, Jakarta, Rabu 27/9/2023.

Hal ini adalah bagian dari upaya Kemenperin untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, langkah ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri di kalangan masyarakat. Program P3DN mengedepankan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dalam upaya untuk mempercepat proses sertifikasi TKDN, Kemenperin memanfaatkan digitalisasi. Proses yang sebelumnya memakan waktu lebih lama, kini bisa diselesaikan dalam waktu 22 hari kerja atau bahkan lebih cepat. Proses digital ini juga lebih akuntabel dan transparan, dengan semua proses yang dilakukan melalui sistem yang bisa dilacak.

Baca Juga :  Kemendikbudristek Melepas 29 Laskar Rempah Misi Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024

Digitalisasi sertifikasi TKDN ini diharapkan akan membantu produk-produk industri dalam negeri mendapatkan sertifikasi TKDN dengan lebih cepat dan mudah, termasuk produk-produk dari industri kecil yang bisa mendapatkan sertifikasi secara gratis.

Menteri Perindustrian juga mengajak pelaku industri kecil untuk mendaftarkan produk mereka dalam Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) agar dapat tercatat sebagai produk dalam negeri. Semua produk dalam negeri yang terdaftar dalam SIINas dapat diakses melalui laman Referensi dalam website TKDN.

Baca Juga :  Konsep Dua Patonro’ Booth Makassar Dikunjungi Ribuan Pengunjung di ICE Apeksi XVII

Selain itu, Kemenperin telah menunjuk lima Lembaga Verifikasi Independen (LVI) yang akan mempercepat proses penghitungan dan verifikasi TKDN. Langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung produk dalam negeri dan menjaga keberlangsungan program P3DN.

Menteri Perindustrian juga menegaskan bahwa pihaknya akan tegas terhadap pelanggaran terkait program P3DN dan mengajak semua pihak untuk mendukung percepatan penggunaan produk dalam negeri.

Dengan digitalisasi sertifikasi TKDN, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses produk dalam negeri yang memiliki sertifikasi TKDN, dan program ini akan membawa manfaat besar bagi industri dalam negeri.

Respon (9)

  1. Wow, superb blog layout! How lengthy have you been running a
    blog for? you make blogging look easy. The full look of
    your web site is great, as neatly as the content material!
    You can see similar here ecommerce

  2. hi!,I like your writing very so much! proportion we be in contact more
    approximately your post on AOL? I need an expert in this area to resolve my problem.
    Maybe that is you! Having a look forward to see you.

    I saw similar here: Ecommerce

  3. It’s not my first time to go to see this web page, i am visiting this web page dailly and obtain good data from here everyday.

    I saw similar here: Sklep

  4. Hi there! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to
    get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Kudos! You can read similar
    blog here: E-commerce

  5. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to
    rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Cheers! I saw similar art here: Scrapebox List

  6. I’ve been surfing online greater than three hours as of late, yet I by no means discovered any interesting article like yours. It’s beautiful worth sufficient for me. In my view, if all web owners and bloggers made just right content material as you probably did, the web will probably be much more useful than ever before!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *