News  

Zulkifli Hasan Dorong Kolaborasi di ASEAN Business and Investment Summit 2023

Walai.id, Nasional – Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, memberikan sambutan pada ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023 yang berlangsung di Jakarta pada Minggu 03/09/2023.

Acara ini diresmikan oleh Ketua Dewan Penasihat Bisnis ASEAN dan Ketua KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid.

Menteri Perdagangan percaya bahwa tema ABIS tahun ini, “ASEAN Centrality: Innovating Towards Greater Inclusivity,” memberikan dorongan inklusif untuk menyatukan komunitas bisnis di kawasan.

Baca Juga :  Ini Dua Delegasi Wakili Sulawesi Selatan Dalam Program PPAP 2024

Hal ini sejalan dengan tema Kepresidenan Indonesia di ASEAN tahun 2023, yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Menteri Perdagangan menekankan pentingnya kolaborasi dan perkuatan kerja sama dengan sektor swasta untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Pertemuan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kerja sama antara pemerintah dan dunia usaha.

Menurut Menteri Perdagangan, untuk mempertahankan kinerja perdagangan barang dan arus investasi antarnegara anggota ASEAN, diperlukan langkah konkret, seperti memperkuat Perjanjian Perdagangan Barang ASEAN atau ATIGA, menyelesaikan perundingan dengan mitra dialog, dan memulai perundingan Perjanjian Kerangka Ekonomi Digital (DEFA) tahun ini.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Pimpin Rapat Bahas Potensi Budidaya Kratom

Menteri Perdagangan berharap bahwa pertemuan ini dapat menghasilkan rekomendasi strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan dan global.

Turut hadir dalam acara ini Sekjen ASEAN, Kao Kim Hourn; Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; serta Staf Khusus Mendag Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Khrishna Hasibuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *