Walai.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Budi Santoso memimpin Aksi Konsumen Cerdas Indonesia di Anjungan Sarinah, Jakarta, pada Minggu, 20/04/2025.
Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2025 dan sebagai upaya untuk mendukung gerakan konsumen cerdas.
Aksi ini diharapkan dapat menjadi salah satu kekuatan perekonomian nasional serta dorongan untuk mencintai produk berkualitas demi mencapai Indonesia Emas 2045.
Aksi Konsumen Cerdas Indonesia diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan.
Menteri Perdagangan Budi Santoso mengungkapkan, Aksi Konsumen Cerdas Indonesia memberikan momentum penting dalam peringatan Harkonas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban konsumen, terutama di era digitalisasi.
“Harkonas adalah momentum untuk meningkatkan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta menumbuhkan rasa nasionalisme melalui penggunaan produk dalam negeri. Kemendag berkomitmen agar konsumen merasa peduli, aman, terlindungi, dan tetap didengar di tengah arus digitalisasi yang terus berkembang,” jelas Mendag Budi Santoso.
Dalam kesempatan tersebut, Kemendag bersama kementerian dan lembaga terkait mendorong penguatan edukasi digital, kolaborasi dengan platform e-commerce, serta mempercepat layanan pengaduan konsumen yang responsif.
Pemerintah juga berkomitmen untuk menghadirkan regulasi yang adaptif dengan perkembangan zaman.
Aksi Konsumen Cerdas Indonesia kali ini menghadirkan beragam pertunjukan, mulai dari seni musik (band), seni teatrikal (performing art), gelar wicara bersama perwakilan Bank Indonesia dan Abang None Jakarta, hingga komedi tunggal (stand-up comedy).
Kegiatan ini mengusung subtema “Gerakan Komitmen Bersama Wujudkan Konsumen Berdaya,” dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, tanggung jawab, dan kolaborasi antara pemerintah, konsumen, dan pelaku usaha.
Rangkaian acara ini menyasar generasi muda, yang kini menjadi konsumen yang lebih kritis dan tahu akan hak dan kewajibannya.
“Generasi muda Indonesia telah banyak mengakses media untuk mendapatkan informasi sehingga lebih memahami hak dan kewajiban mereka. Berdasarkan survei 2024, indeks keberdayaan konsumen Indonesia berada pada angka 60,11, yang menunjukkan bahwa konsumen Indonesia berperan aktif dalam memperjuangkan hak dan melaksanakan kewajiban, serta lebih mengutamakan produk dalam negeri,” ujar Mendag Budi Santoso.
Dengan optimisme tinggi, Kemendag berharap bahwa tingkat keberdayaan konsumen Indonesia dapat meningkat lebih pesat di masa depan.