News  

Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, KAHMI Sulsel Terbitkan Maklumat Keummatan

Walai.id, Makassar – Menyongsong Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2024, Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Sulawesi Selatan menerbitkan himbauan kepada umat Islam, Pada Sabtu 6/7/2024.

Himbauan yang dikemas dalam dokumen bertajuk “Maklumat Keummatan” ini ditandatangani langsung oleh Koordinator Presidium MW KAHMI Sulsel, Prof. Dr. Aminuddin Sam, SKM, M.Med.Ed.

Dalam dokumen Maklumat Keummatan tersebut, KAHMI Sulsel menekankan pentingnya menyambut Tahun Baru Islam dengan semangat yang sama seperti saat menyambut tahun baru Masehi. 

Namun, mereka berharap agar perayaan tidak dilakukan dengan acara hura-hura atau pesta, melainkan dengan refleksi dan evaluasi diri.

Baca Juga :  Kawasan Wisata Alam Bantimurung Akan Diserahkan kepada Pihak Swasta

“Tahun baru Hijriyah seharusnya menjadi momen untuk merenungkan dan bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat usia yang telah berlalu, sembari memanjatkan doa,” tulis Prof. Amin, sapaan akrab Prof. Aminuddin Sam, dalam maklumat tersebut.

Prof. Amin juga menegaskan bahwa Tahun Baru Hijriyah dapat dimaknai sebagai momentum hijrah, tidak hanya secara fisik tetapi juga rohaniah spiritual, untuk menjemput kehidupan dan peradaban yang lebih baik. 

Oleh karena itu, MW KAHMI Sulsel menghimbau umat Islam di Sulawesi Selatan dan seluruh Indonesia untuk menjadikan 1 Muharram 1446 H sebagai momentum strategis untuk muhasabah diri.

“Penghambaan kita kepada Sang Khalik harus termanifestasi dalam aspek kemanusiaan. Sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat baik kepada orang lain,” sebut Prof. Amin dalam dokumen tersebut.

Baca Juga :  Bupati Maros Tinjau Penilaian Lomba Antar PKK Tingkat Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Maros

Selain itu, Tahun Baru Islam juga diharapkan sebagai waktu untuk mulai memperbaiki hidup agar bisa lebih baik. 

“Semoga di tahun baru ini kita bisa beribadah dengan lebih baik, bekerja lebih baik, dan bergaul lebih baik, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, Sang Ilahi penguasa alam semesta,” tambah Prof. Amin dalam dokumen tertanggal 29 Dzulhijah 1445H itu.

KAHMI Sulsel berharap semangat Tahun Baru 1 Muharram 1446 Hijriyah dapat diproyeksikan oleh umat Islam untuk merawat kerukunan, mengokohkan semangat kebangsaan dan keummatan, menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil, makmur, dan diridhoi Allah SWT.

Berikut adalah kutipan lengkap Maklumat Keummatan MW KAHMI Sulsel dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah:

Tinggalkan Balasan