News  

Pemulihan Layanan PDNS 2 Diprioritaskan, Wamen Nezar Patria: Secepatnya!

Walai.id, Jakarta – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, menegaskan bahwa pemerintah saat ini tengah fokus memulihkan layanan pemerintahan di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang terdampak serangan siber. Nezar Patria menjanjikan bahwa pemulihan akan dilakukan secepat mungkin.

“Secepatnya, beberapa layanan sudah bisa kita pulihkan, misalnya layanan Imigrasi. Kami terus bekerja keras sekarang untuk mengatasi gangguan ini, terutama agar layanan publik bisa berjalan kembali seperti sedia kala. Mohon dukungan dan doanya dari semua pihak,” kata Nezar Patria saat memberikan keterangan pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, pada Senin (24/06/2024).

Nezar Patria menambahkan bahwa upaya pemulihan layanan utama sedang dilakukan dengan intensif. 

Baca Juga :  Mendorong Kolaborasi ASEAN dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Berkelanjutan

“Layanan-layanan pokok sudah kita pulihkan, dan untuk layanan lainnya, tim kami terus bekerja tanpa henti,” ujarnya.

Ia juga menyoroti pentingnya koordinasi antara tenant dengan penyedia layanan cloud untuk mempercepat proses pemulihan. 

“Kecepatan pemulihan bisa ditingkatkan jika ada koordinasi yang baik antara tenant dengan penyedia layanan cloud-nya,” jelasnya.

Terkait serangan siber yang terjadi, Nezar Patria menyebutkan bahwa investigasi dan analisis forensik digital masih berlangsung. 

“Saat ini, investigasi masih dilakukan, termasuk digital forensik. Proses ini memerlukan waktu, jadi mohon kesabaran dari semua pihak,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menambahkan bahwa serangan siber yang menimpa PDNS 2 merupakan varian baru ransomware. 

Baca Juga :  Presiden Jokowi Pimpin Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2024

“Serangan ini adalah varian baru, sehingga kami butuh waktu untuk mempelajari pola serangannya dan menemukan penanganan yang tepat,” ujarnya.

Semuel juga menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai organisasi, baik dalam negeri maupun internasional, untuk menangani serangan ransomware ini. 

“Kami berkoordinasi dengan berbagai organisasi, baik dalam maupun luar negeri, mengenai serangan ransomware ini,” tandasnya.

Pemulihan layanan PDNS 2 menjadi prioritas utama pemerintah, mengingat pentingnya keberlangsungan layanan publik yang diandalkan oleh masyarakat luas. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan memberikan dukungan agar proses pemulihan bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

Tinggalkan Balasan