News  

Kapolri Resmikan Komite Olahraga Polri di Rakernis SSDM Polri

Walai.id, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Komite Olahraga Polri (KOP) di sela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) SSDM Polri Tahun Anggaran 2024 yang berlangsung di Hotel Sheraton, Jakarta Selatan, pada Senin 27/05/2024.

KOP dibentuk sebagai wadah bagi polisi yang memiliki bakat dan prestasi di bidang olahraga.

“Pembentukan Komite Olahraga Polri (KOP) sebagai wadah dan sistem guna memastikan pembinaan dan penjaminan hak-hak atlet Polri yang berprestasi,” ujar Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri), Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis.

Irjen Dedi berharap, dengan adanya KOP, akan terjadi peningkatan signifikan dalam pengembangan bakat dan prestasi personel Polri terkait bidang olahraga.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini juga menekankan bahwa KOP akan menciptakan lingkungan kondusif bagi polisi atlet untuk mengasah kemampuan mereka secara optimal.

“Dengan adanya KOP, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam pengembangan bakat olahraga di kalangan anggota Polri, serta terciptanya lingkungan yang kondusif bagi para atlet untuk meraih prestasi secara maksimal,” lanjut Irjen Dedi.

Baca Juga :  Anak Muda Ikut Munaslub PELTI 2024-2027

Lebih lanjut, Irjen Dedi menyampaikan harapan bahwa partisipasi Polri di bidang olahraga, baik di Tanah Air maupun mancanegara, dapat meningkatkan dukungan masyarakat terhadap Korps Bhayangkara. Menurutnya, dukungan masyarakat merupakan modal penting bagi pelaksanaan tugas pokok Polri.

“Partisipasi Polri dalam kegiatan olahraga di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan penerimaan dan dukungan masyarakat terhadap Polri, yang pada akhirnya akan berdampak pada public trust sebagai modal pelaksanaan tugas pokok Polri,” jelas Irjen Dedi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Salah satunya adalah dengan membina dan memfasilitasi anggota Polri yang berprestasi di bidang olahraga melalui KOP.

Polisi atlet akan diterjunkan pada kompetisi-kompetisi olahraga baik dalam negeri maupun tingkat dunia, termasuk Olimpiade Kepolisian Internasional yang melombakan 28 cabang olahraga.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Pimpin Rapat Bahas Potensi Budidaya Kratom

“Dengan adanya Komite Olahraga Polri, diharapkan Polri bisa ikut berlaga dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di dunia internasional, seperti dalam Olimpiade Kepolisian Internasional,” tutur Irjen Dedi.

Tim atlet Polri telah mencetak prestasi di berbagai ajang internasional. Di ajang ‘1st FAI Asian Indoor Skydiving Championships’ dan kejuaraan dunia ‘5th FAI World Cup Indoor Skydiving Championships’ di Macau, China, tim Polri meraih juara 3, 2, dan 4 di tingkat Asia, serta posisi 5, 12, dan 21 di tingkat dunia dari 29 negara. Pada Thailand Open Karate Championship 2023, yang diikuti 18 negara dan 754 peserta, Tim Karate Bhayangkara Presisi menyabet dua medali emas, 13 medali perak, dan empat medali perunggu.

Dengan peresmian KOP, Polri berharap dapat terus mengembangkan bakat dan prestasi olahraga para anggotanya, serta meningkatkan dukungan masyarakat terhadap institusi ini melalui prestasi di bidang olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *