News  

Wali Kota Makassar Hadiri Pembelajaran Operasi Pencarian dan Pertolongan Tanggap Darurat Bencana

Walai.id, Makassar – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menghadiri pembelajaran Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan pada Tanggap Darurat Bencana dan Kondisi Membahayakan Manusia di Tingkat Nasional dan Internasional yang diselenggarakan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Claro Makassar pada Selasa (23/4/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Setkab Purnomo Sucipto, serta perwakilan dari 43 kantor pencarian dan pertolongan Balai Pelatihan SDM Pencarian dan Pertolongan Basarnas.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 23 hingga 25 April 2024, dan menghadirkan narasumber dari berbagai instansi, antara lain Dwinanto Herlambang dari Kementerian ESDM, Hartanto Sanjaya dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fajar Nuradi dari Kementerian Luar Negeri, Ma’fud Salayunlayl dan Marrysa Nurina dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Yustam dari BNPB dan Satria Indratmoko dari Universitas Indonesia.

Baca Juga :  DWP Makassar Ikut Serta Dalam Peningkatan Kapasitas Perempuan di Lembaga Politik

Menurut Wali Kota Makassar, Basarnas merupakan garda terdepan dalam setiap situasi darurat, baik itu bencana alam, kecelakaan, maupun insiden lainnya.

Ia memuji peran Basarnas yang selalu siap memberikan pertolongan di berbagai kondisi dan lokasi, termasuk di laut, darat, udara, gurun, dan goa.

Pemerintah Kota Makassar terus melakukan mitigasi bencana sebagai langkah untuk meminimalkan resiko bencana, terutama saat musim hujan yang berpotensi menyebabkan banjir.

Baca Juga :  Wali Kota Makassar Hadiri Pelantikan Pj Gubernur Sulsel di Jakarta

Wali Kota juga memastikan agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memantau radar cuaca selama bulan-bulan yang rawan terjadi banjir, seperti bulan Desember.

Dengan adanya aplikasi radar cuaca, pemerintah kota dapat memonitor curah hujan dan pasang air laut, serta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada. Wali Kota menegaskan bahwa mitigasi bencana membutuhkan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, termasuk menjaga kebersihan drainase.

Wali Kota Makassar mengucapkan terima kasih kepada Basarnas atas kerja keras mereka dalam penanganan darurat bencana dan berharap agar kerjasama tersebut terus ditingkatkan untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *