News  

Mendag Zulkifli Hasan Pastikan Stok Bapok Melimpah Selama Ramadan dan Lebaran

Walai.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa stok barang kebutuhan pokok (bapok) akan tetap melimpah bagi masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran nanti.

Pemerintah telah melakukan pemantauan pasokan secara terus-menerus dan bersinergi dengan berbagai lembaga terkait untuk menjaga stabilitas harga, sehingga masyarakat akan semakin mudah mendapatkan bapok selama masa Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

“Pagi ini kita tinjau bersama kondisi bapok di Pasar Kramat Jati. Pemerintah memonitor kondisi bapok agar saat bulan puasa dan Lebaran ini ketersediaan bapok cukup dan mudah dicari. Tadi kita lihat pasokan ayam, telur, beras, minyak, tepung, dan gula tersedia banyak. Barangnya tersedia banyak,” kata Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Pasar Kramat Jati, Jakarta, Pada Jumat, 15 Maret 2024.

Mendag Zulkifli Hasan didampingi oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim.

Turut hadir juga Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, serta pimpinan dari Perum Bulog dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

Baca Juga :  BKN Tidak Akan Melakukan Pendataan Ulang Pegawai Non-ASN Tahun 2024

Mendag juga menyampaikan bahwa meskipun terjadi kenaikan harga beberapa komoditas, seperti cabai, pasokannya tetap tersedia di pasar. “Memang ada yang harganya naik, tapi barangnya ada,” ujarnya.

Sementara itu, terkait harga beras, Mendag menyatakan bahwa pemerintah sedang menunggu momen panen raya untuk membantu menurunkan harga beras di pasar.

Sementara itu, masyarakat dapat memilih beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog sebagai alternatif dengan kualitas yang sangat baik.

“Sambil menunggu panen raya, ada alternatif beras Bulog Rp10.900/kg dan beras premium Bulog Rp13.900/kg,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Selain itu, Mendag turut meninjau Mini Distribution Center Pasar Jaya yang menawarkan bapok dengan harga murah bagi pengguna Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Di sana, KJP dapat membeli beras, daging sapi, daging ayam, dan telur dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga :  Permendag Direvisi, Mendag Zulkifli Hasan Tegaskan PMI Lebih Leluasa Kirim Barang ke Indonesia

Dalam kunjungannya, harga-harga bapok di Pasar Kramat Jati terpantau stabil, meskipun terjadi beberapa perubahan harga tertentu.

Mendag memastikan bahwa pemerintah terus berupaya untuk menjaga stabilitas harga demi kesejahteraan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran.

Setelah kunjungan ke Pasar Kramat Jati, Mendag Zulkifli Hasan melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi Pasar Murah Ramadan yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di RPTRA Mustika di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pasar murah tersebut terselenggara atas kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Bulog, Perumda Dharma Jaya, dan perusahaan distribusi PT Rajawali Nusindo.

Perumda Dharma Jaya menjual daging sapi, ayam karkas beku, telur ayam negeri, daging sapi potong rendang, dan daging sapi giling reguler.

Sementara itu, PT Rajawali Nusindo menjual minyak goreng, gula, dan garam. Bulog juga menjual beras dengan harga yang terjangkau.

Dengan upaya ini, diharapkan masyarakat dapat menghadapi Ramadan dan Lebaran dengan tenang, karena stok bapok yang cukup dan harga yang stabil telah dipastikan oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *