News  

Presiden Apresiasi Kepercayaan Filipina Terhadap Produk Pertahanan Indonesia

Walai.id, Manila – Presiden Joko Widodo menyambut dengan apresiasi kunjungan Menteri Pertahanan Filipina, Gilberto Eduardo Gerardo C. Teodoro Jr., yang memperlihatkan kepercayaan tinggi terhadap produk pertahanan buatan Indonesia.

Pertemuan ini dilangsungkan di Peninsula Manila Hotel, Manila, Filipina, pada Kamis 11/1/2024.

Presiden Jokowi mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap Departemen Pertahanan Nasional Filipina atas kepercayaan yang diberikan pada produk-produk BUMN Indonesia, terutama dalam kategori alat utama sistem senjata (alutsista), seperti pesawat dan kapal.

Dalam konteks kerja sama pengadaan pesawat, Presiden menjelaskan bahwa hubungan ini telah terjalin selama 38 tahun, dengan saat ini tengah diproses pengadaan enam unit pesawat NC212i produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Baca Juga :  Presiden: Kualitas Sumber Daya Manusia Hakim adalah Kunci Utama dalam Sistem Peradilan

Ia menegaskan bahwa bukan kali pertama, bahkan pada tahun 2018, PTDI telah mengirimkan 2 unit pesawat NC212i.

Presiden Jokowi yakin bahwa kedua negara dapat memperkuat kerja sama ini, termasuk rencana akuisisi pesawat anti-submarine warfare oleh angkatan laut Filipina.

Indonesia juga menawarkan pesawat CN2335-220 produksi PTDI yang dapat dikonfigurasi untuk menjalankan misi perang antikapal selam.

“Dalam skema antarpemerintah (G-to-G), kami berharap Indonesia dapat terus mendukung kebutuhan pesawat Filipina melalui kontrak langsung sebagai bentuk komitmen kemitraan jangka panjang,” ucapnya.

Baca Juga :  Uji Publik Permendikbudristek Kurikulum Merdeka: Membangun Pendidikan Bersama Pemangku Kepentingan

Selain pengadaan pesawat, Indonesia dan Filipina juga menjalin kerja sama dalam pengadaan produk alutsista lainnya, seperti kapal.

Presiden menyoroti bahwa kedua negara telah menandatangani kontrak pengadaan dua kapal perang landing dock produksi PT PAL pada tahun 2016 dan 2017.

“Sekali lagi, terima kasih kepada Filipina atas kepercayaan terhadap produk alutsista Indonesia. Saya yakin ke depan akan terjalin kerja sama yang lebih erat,” tambah Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *