News  

Presiden Jokowi Lantik Jenderal TNI Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI

Walai.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023.

Jenderal Agus Subiyanto dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 102/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Dalam prosesi pelantikan, Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada Jenderal Agus Subiyanto, yang kemudian diikuti dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud Md, serta Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, bertindak sebagai saksi dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Peran Kementerian Kominfo dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Dalam sumpah jabatan, Jenderal Agus Subiyanto berjanji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Ia juga berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi etika jabatan.

Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Sebelumnya, Jenderal Agus menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Ia menyatakan akan melanjutkan program-program dari Panglima TNI sebelumnya dan menjalankan tugasnya dengan berpedoman pada visi misi TNI yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif).

Baca Juga :  Larangan Study Tour Pelajar, Hetifah Sjaifudian: Keliru

Dalam keterangan setelah pelantikan, Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan visi dan misinya untuk membuat TNI yang PRIMA. Ia menekankan profesionalisme, responsivitas, integrasi, modernitas, dan adaptabilitas sebagai prinsip utama. Jenderal Agus juga menyatakan niatnya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota TNI.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah kepala lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, para kepala staf angkatan, dan Panglima TNI sebelumnya, Laksamana Yudo Margono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *