News  

Sekjen Kementerian Kominfo Dorong Perempuan Kuasai STEM dan Literasi Digital

Walai.id, Nasional – Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, mendorong perempuan di Indonesia untuk menguasai bidang Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) serta literasi digital.

Ia menyampaikan bahwa meskipun teknologi digital berkembang pesat, penggunaan ekosistem digital masih didominasi oleh kaum laki-laki, dan sebagian besar dari mereka yang belum memiliki akses internet di seluruh dunia adalah perempuan, dalam Forum Girls In ICT Day Indonesia 2023 di Mandarin Oriental Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023).

Menurut data dari International Telecommunication Union tahun 2022, pengguna internet aktif di seluruh dunia didominasi oleh laki-laki, dengan proporsi sebanyak 62% dari total penduduk laki-laki.

Perempuan hanya menyumbang 57% dari total penduduk perempuan yang menggunakan internet.

Mira Tayyiba juga mengungkapkan hasil survei Kementerian Kominfo bersama Katadata Insight Center yang menunjukkan bahwa literasi digital pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.

Baca Juga :  Polri Himbau Masyarakat untuk Berkendara Aman dalam Arus Balik Lebaran

Demikian juga dalam bidang STEM, perempuan masih didominasi oleh laki-laki, dengan hanya sekitar 17% perempuan yang bekerja dalam pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi.

Kementerian Kominfo bertujuan untuk mengurangi kesenjangan digital di kalangan perempuan dan memberikan mereka kesempatan untuk mengambil peran penting dalam dunia digital.

Mira Tayyiba menyatakan bahwa perempuan dengan akses internet dan literasi digital yang kuat dapat memanfaatkan peluang untuk memulai bisnis, memperoleh pekerjaan yang lebih baik, mengejar pendidikan, mendapatkan layanan kesehatan dan keuangan, serta berpartisipasi lebih aktif dalam kehidupan sosial dan keluarga.

Selain itu, Mira Tayyiba merujuk pada data dari UN Women yang menunjukkan bahwa diperlukan waktu 286 tahun lagi untuk mencapai kesetaraan gender yang utuh di seluruh dunia, termasuk dalam ranah digital.

Baca Juga :  Makassar Government Center (MGC) Siap Beroperasi pada Juli

Oleh karena itu, perempuan dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Kegiatan Girls in ICT Day adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh ITU (International Telecommunication Union) di berbagai negara termasuk Indonesia.

Pada tahun 2023, tema Girls In ICT Day adalah “Digital Skills and Literacy for Life.” Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari UN Women, pemerintah Indonesia, dan perwakilan dari lembaga pendidikan dan industri teknologi.

Dengan dorongan dan kesempatan yang diberikan, diharapkan perempuan di Indonesia akan semakin aktif dan berperan penting dalam dunia teknologi dan literasi digital, sehingga dapat mengurangi kesenjangan gender dalam penggunaan teknologi digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *