News  

Kemendikbudristek Merilis Sandiwara Sastra ‘Misteri Nusantara’ Musim Kedua

Walai.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Titimangsa dan KawanKawan Media telah meluncurkan musim kedua dari Sandiwara Sastra, sebuah program siniar (podcast) yang meraih penghargaan dalam kategori drama audio di Podcast Awards 2021.

Sandiwara Sastra Musim Kedua berjudul ‘Misteri Nusantara’ dan terdiri dari 10 episode. Peluncuran program ini berlangsung pada Senin, 30 Oktober 2023, di kantor Kemendikbudristek.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, memberikan apresiasi terhadap peluncuran Sandiwara Sastra Musim Kedua.

Ia menyoroti pentingnya konten-konten seperti ini dalam membantu orang tua dan guru untuk mengenalkan cerita-cerita rakyat Nusantara kepada anak-anak dan murid-murid.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media di Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, menyatakan bahwa pemajuan kebudayaan dan pembentukan karakter bangsa adalah misi yang penting bagi kementeriannya.

Baca Juga :  Makassar Government Center (MGC) Siap Beroperasi pada Juli

Program sandiwara sastra adalah bagian dari upaya ini. Lebih dari sekadar karya seni dan inovasi, Sandiwara Sastra bertujuan untuk meningkatkan literasi dan mendekatkan sastra kepada masyarakat, terutama generasi muda.

Dalam Sandiwara Sastra Musim Kedua, tokoh-tokoh dalam karya sastra Indonesia diperkenalkan melalui media audio. Cerita-cerita dalam program ini berdasarkan cerita rakyat, urban legend, dan cerita pendek yang berasal dari berbagai wilayah di Nusantara.

Para penulis yang berkontribusi dalam musim kedua ini mencakup sastrawan kenamaan Indonesia seperti Aprila R. Wayar, Kurnia Effendi, Putu Wijaya, Mario F. Lawi, Faisal Oddang dan Feby Indirani, Risa Saraswati, Ilya Sigma dan Priesnanda Dwisatria, Hasan Aspahani dan Ali Sadli Salim, Guntur Alam, serta Azhari Aiyub.

Sandiwara Sastra Musim Kedua, yang diarahkan oleh Joned Suryatmoko dan Heliana Sinaga, menghadirkan beragam kisah misteri dengan kearifan lokal masing-masing daerah.

Baca Juga :  Polri Himbau Masyarakat untuk Berkendara Aman dalam Arus Balik Lebaran

Dalam program ini, audio digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan dialog tokoh, deskripsi cerita, suasana, latar, dan unsur lainnya.

Sepuluh judul episode dalam Sandiwara Sastra Musim Kedua menghubungkan kisah-kisah misteri dengan kearifan lokal daerah asal cerita.

Program ini akan tayang pada siniar @budayakita mulai tanggal 3 November 2023. Selain itu, masyarakat umum juga dapat mengunjungi pameran poster dan audio yang berlangsung dari 30 Oktober hingga 12 November 2023 di Lobby Gedung E, Kantor Kemendikbudristek, Jakarta.

Musim pertama dari Sandiwara Sastra telah dirilis pada tahun 2020 dan mengadaptasi sepuluh karya sastra Indonesia yang berbeda. Program ini adalah upaya untuk membawa sastra lebih dekat kepada masyarakat dan generasi muda melalui media audio.

Respon (2)

  1. Wow, amazing blog format! How long have you been blogging
    for? you made blogging look easy. The entire look of your web site
    is wonderful, let alone the content! You can see
    similar here sklep online

  2. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good success. If you know of any please share.
    Many thanks! You can read similar article here: Auto Approve List

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *