News  

Wakil Menteri Perdagangan, Memberikan Kuliah Umum di Universitas Esa Unggul

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, memberikan kuliah umum pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 di Universitas Esa Unggul, Jakarta, pada hari Kamis, 14 September.

Kuliah umum yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Esa Unggul ini dihadiri oleh 1.600 mahasiswa baru dan mengusung tema “Sinergitas Gen Z Sebagai Agent of Repair dalam Membangun Semangat Multikulturalisme di Indonesia Melalui Gerakan Letrose (Learn, Introduced, and Utilise)”.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry, menjelaskan mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era E-Commerce. Pemanfaatan e-commerce memiliki potensi untuk memotong rantai distribusi bagi produsen UMKM serta memberikan kemudahan dalam transaksi bagi konsumen.

Baca Juga :  Munaslub PELTI Digelar Untuk Isi Kekosongan Ketua Umum

Lebih lanjut, Wakil Menteri Perdagangan menjelaskan bahwa Kementerian Perdagangan juga mendukung UMKM dalam meningkatkan daya saing mereka. Program dukungan tersebut mencakup meningkatkan penjenamaan produk Indonesia, promosi makanan dan minuman sehat nusantara, peningkatan kualitas produk dalam negeri, serta upaya meningkatkan kapasitas UMKM untuk ekspor.

Wakil Menteri Perdagangan mengajak para pelaku usaha UMKM untuk terus berinovasi dalam hal target pasar, kualitas produk, pelayanan, jalur pemasaran, dan pengelolaan usaha. Selain itu, kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, asosiasi, dan akademisi diperlukan untuk menciptakan ekosistem yang mendukung UMKM. Tujuannya adalah menciptakan iklim usaha yang kondusif sehingga UMKM Indonesia dapat menjadi pelaku utama di negeri sendiri.

Baca Juga :  Layanan Publik Kembali Pulih Pascagangguan Pusat Data Nasional

Wakil Menteri Perdagangan juga mengajak para mahasiswa dan generasi muda untuk mendukung produk-produk buatan Indonesia dengan berpartisipasi aktif dalam membeli dan menggunakan produk-produk tersebut. Hal ini akan membantu memajukan UMKM Indonesia dan menciptakan rasa bangga terhadap produk “Buatan Indonesia.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *