News  

Etika dan Integritas Kepemimpinan di Pemerintahan Indonesia Perlu Ditingkatkan

Walai.id, Nasional – Staf Ahli Bidang Penguatan Stabilitas Politik dan Pemerintahan Kemenko PMK, Sorni Paskah Daeli, memberikan materi dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan LVIII Tahun 2023.

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Wisesa Kampus ASN Corporate University LAN, Jakarta, pada Kamis (27/7/2023), Sorni menekankan pentingnya etika dan integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sorni menjelaskan bahwa etika dan integritas tak dapat dipisahkan dalam kepemimpinan, karena keputusan seorang pemimpin berpengaruh besar pada organisasi.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Tegas Larang dan Peringatkan Bahaya Judi Online

Ia menyoroti praktik Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) yang merusak bangsa lebih parah daripada berperang menggunakan senjata.

Menurut data Transparansi International, Indonesia masih memiliki tantangan dalam hal korupsi dan integritas, menempati urutan ke-5 di Asia Tenggara dengan skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 34 pada tahun 2022.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Buka Rakornas Pengendalian Inflasi 2024

Pendidikan karakter menjadi kunci untuk memperbaiki sistem pemerintahan dan membentuk manusia berdaya saing serta berintegritas.

Sorni menambahkan bahwa pembangunan karakter bangsa harus selaras dengan nilai-nilai pancasila.

Para peserta pelatihan diharapkan menjadi Agent Of Change yang mendorong perubahan positif dalam sikap mental dan perilaku di lingkungan kerja masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *