News  

Presiden Jokowi Resmi Melepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade ke-33 Paris 2024

Walai.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding pada Olimpiade ke-33 di Paris. Acara pelepasan berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 10/7/2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris Tahun 2024,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi berpesan agar para atlet Indonesia tetap optimistis dan bersemangat dalam menghadapi pertandingan melawan atlet-atlet terbaik dari seluruh dunia. Beliau menekankan pentingnya semangat juang agar harapan rakyat Indonesia dapat terwujud.

“Rakyat menginginkan bendera Merah Putih dikibarkan di arena Olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Olimpiade, dan saudara-saudara pulang membawa medali. Sekali lagi selamat bertanding, harumkan nama Indonesia di mata dunia,” tutur Presiden.

Baca Juga :  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Apresiasi Bogor Go Green

Presiden menegaskan bahwa para atlet Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Paris 2024 merupakan atlet pilihan yang telah melewati proses seleksi secara ketat.

Pemerintah dan rakyat Indonesia menaruh harapan besar pada para atlet tersebut.

“Mata dunia akan tertuju pada penampilan saudara-saudara, dan rakyat Indonesia juga akan menaruh harapan kepada atlet-atlet kita,” ungkap Presiden.

Beliau berpesan kepada para atlet untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik secara fisik maupun mental. “Harapan kita semuanya semoga berhasil dan menang serta membawa pulang medali,” ucap Presiden.

Baca Juga :  Mendag Zulkifli Hasan: Pemerintah Upayakan Keseimbangan bagi Petani dan Pembeli

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa Olimpiade Paris 2024 akan mempertandingkan 32 cabang olahraga dan diikuti oleh 182 negara.

Kontingen Indonesia mengirimkan 29 atlet yang terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri, didampingi 20 pelatih, 9 ofisial, dan 28 anggota headquarter, dengan total keseluruhan kontingen sebanyak 86 orang.

“Kontingen Indonesia yang dikirimkan pada Olimpiade ke-33 sebanyak 12 cabang olahraga yaitu bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, atletik, renang, selancar ombak, senam, balap sepeda, dayung, dan judo,” ujar Dito.