News  

Kepemimpinan Digital Menjadi Kunci Pemanfaatan Ruang Digital yang Bertanggung Jawab

Walai.id, Yogyakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendorong pengembangan kepemimpinan digital di semua sektor pembangunan.

Wamenkominfo Nezar Patria menekankan pentingnya peran wisudawan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta sebagai navigator kepemimpinan digital, yang akan menjadi talenta digital masa depan Indonesia.

“Perlu upaya strategis untuk mencetak pemimpin digital yang proaktif dalam mengeksplorasi potensi kemajuan teknologi informasi. Hal ini agar tercipta organisasi yang lebih responsif, mampu memberikan produk dan layanan yang lebih baik, serta dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman,” jelas Nezar Patria dalam Orasi Ilmiah Wisuda Program Pendidikan Sarjana dan Sarjana Terapan Periode II di Gedung Auditorium STMM Yogyakarta, Rabu 10/07/2024.

Menurut Wamenkominfo, kepemimpinan digital diperlukan untuk meningkatkan growth mindset dan sikap adaptif dalam menghadapi perubahan.

“Kepemimpinan digital diperlukan untuk membentuk agile leadership,” tandasnya.

Nezar Patria menyatakan bahwa pengembangan kompetensi pemimpin digital mencakup tiga keterampilan utama yang disebut sebagai digital triathletes.

Baca Juga :  Pemerintah Indonesia Mengembangkan Kawasan Industri Generasi Keempat

“Pertama, pemimpin perlu mengambil sikap dan tindakan yang responsif terhadap tren pasar dan perkembangan teknologi. Kedua, pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mendorong inovasi berbasis data. Terakhir, pemimpin harus dapat menginisiasi kolaborasi dan tindakan strategis untuk mencapai visi organisasi yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Untuk mendukung pengembangan talenta digital, Kementerian Kominfo menjalankan program pengembangan sumber daya manusia digital komprehensif dengan tiga tingkat kecakapan: literasi digital, keahlian digital, dan kepemimpinan digital.

“Ada Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), Digital Talent Scholarship (DTS), dan Digital Leadership Academy (DLA),” tutur Nezar Patria.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga memiliki Program Beasiswa S2 yang bekerja sama dengan kampus-kampus ternama baik di dalam maupun luar negeri dengan tema-tema terkait transformasi digital.

“Beasiswa ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang memiliki latar belakang pekerjaan di sektor digital atau pelaku start-up lokal,” tegas Wamenkominfo.

Baca Juga :  Judi Online Tak Bisa Ditolerir, Menteri Budi Arie: Saatnya Hentikan!

Nezar Patria mengajak para wisudawan untuk memanfaatkan berbagai program tersebut guna memaksimalkan potensi ekonomi digital dan merespons tantangan disrupsi digital.

“Saya mengundang para wisudawan dan wisudawati sekalian, untuk memanfaatkan berbagai program tersebut,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Nezar Patria menyampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah sukses meraih gelar pendidikan.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan-wisudawati Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta Periode II Tahun Akademik 2023–2024. Semoga ilmu yang didapat mampu menjadi bekal untuk berkontribusi terhadap akselerasi transformasi digital nasional,” ungkapnya.

Sebanyak 173 mahasiswa dari enam program studi mengikuti Wisuda Program Pendidikan Sarjana dan Sarjana Terapan Periode II STMM Yogyakarta. Acara wisuda juga disaksikan oleh Kepala Dinas Kominfo DI Yogyakarta Hari Edi Tri Wahyu Nugroho, Ketua STMM Noor Iza, dan sivitas akademika STMM Yogyakarta.