News  

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Lokakarya Digital Transformation Center (DTC) ITU

Walai.id, Bali – Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lokakarya Digital Transformation Center (DTC) yang diadakan oleh International Telecommunication Union (ITU) dari tanggal 14 hingga 16 Mei 2024 di Bali.

Lokakarya Global DTC ini akan berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali, dan dihadiri oleh delegasi dari berbagai negara di kawasan Asia dan Pasifik, Afrika, Amerika, dan Arab.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hary Budiarto, menyatakan bahwa lokakarya ini akan menjadi platform untuk membahas ide-ide baru guna mengembangkan inisiatif pelatihan yang bertujuan untuk mempercepat literasi digital secara global.

“Para focal point dari seluruh Pusat Transformasi Digital akan mendiskusikan implementasi inisiatif literasi digital dan mendemokratisasikan digitalisasi secara global,” ungkapnya pada Senin (13/05/2024).

Baca Juga :  Larangan Study Tour Pelajar, Hetifah Sjaifudian: Keliru

Selain membahas tren global terkini dalam keterampilan digital dan transformasi digital, lokakarya ini juga akan membahas upaya untuk meningkatkan literasi digital guna mengurangi kesenjangan digital global.

“Lokakarya juga akan membahas berbagai perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai dalam area aksi yang telah disepakati pada pertemuan DTC sebelumnya, serta mempresentasikan tujuan utama lokakarya,” tambah Hary Budiarto.

Menurut Hary, pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah didasari oleh berbagai kemajuan yang telah dicapai dalam literasi digital nasional.

“Kemajuan penting Indonesia dalam memajukan implementasi tujuan inisiatif ini berkontribusi pada pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah acara ini,” ujarnya. Secara khusus, ia menyoroti Visi Indonesia Digital 2045 yang menjadi pendukung percepatan transformasi digital nasional.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Menerima Kunjungan Gubernur Jenderal Australia

“Visi Indonesia Digital 2045 memberikan visi, misi, sasaran, dan strategi pembangunan digital untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat membawa lompatan kemajuan bagi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian terkuat di tahun 2045 mendatang,” jelasnya.

Lokakarya DTC ini merupakan hasil kolaborasi antara Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) BPSDM Kementerian Kominfo, ITU, Cisco, dan Indosat Ooredoo Hutchison. Kegiatan ini diharapkan akan mendorong percepatan literasi digital global dan mendukung transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *