News  

Bupati Maros Mengapresiasi Realisasi Alokasi Dana Desa Tahun 2023

Walai.id, Maros – Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam, mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja positif seluruh stakeholder yang telah berkontribusi dalam mencapai realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) hampir mencapai 100% pada tahun 2023, Kamis 21/12/2023.

Chaidir Syam menyampaikan bahwa hingga 20 Desember 2023, realisasi ADD mencapai 99,62% dari pagu sebesar Rp71.044.320.600.

Total dana yang telah tersalurkan mencapai Rp70.772.691.292. Bupati menyoroti kerja sama yang baik antara seluruh pihak yang telah menghasilkan kinerja positif ini.

Baca Juga :  Target Kursi Pileg Terpenuhi, PAN Maros Otw Ketua DPRD

Bupati juga menyebutkan bahwa tunjangan penghasilan tetap (siltap) untuk kepala desa dan perangkatnya telah terserap 100%.

Hal ini menjadi pencapaian positif, mengingat beberapa kabupaten lain mengalami keterlambatan pembayaran gaji kepala desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Maros, Indrus, menjelaskan bahwa belum tercapainya 100% realisasi ADD disebabkan oleh beberapa desa yang belum tuntas dalam anggaran pembangunan tahap 2.

Baca Juga :  Bupati Maros Membuka Musrenbang Khusus untuk Perempuan, Anak, dan Disabilitas Tahun 2024

Terdapat 3 desa, yakni Desa Benteng Gajah dan Desa Tompobulu di Kecamatan Tompobulu, serta Desa Marannu di Kecamatan Lau, yang masih dalam proses pengajuan di Badan Keuangan atau bahkan tidak mengajukan permintaan Pembangunan Tahap 2.

Meskipun demikian, pencapaian positif ini memberikan gambaran positif terkait pengelolaan dana desa di Kabupaten Maros, di mana mayoritas desa telah berhasil menyalurkan dana secara efektif untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *