News  

Menkominfo Ajak Lulusan STMM Ambil Peran dalam Digitalisasi Nasional

Walai.id, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengajak lulusan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta untuk aktif berperan dalam digitalisasi nasional.

Dalam orasi ilmiahnya pada Upacara Wisuda Periode II Tahun 2023, Mahasiswa Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta, Rabu (06/12/2023). Menkominfo menyampaikan pentingnya talenta digital yang handal dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Menurutnya, data menunjukkan bahwa perusahaan saat ini cenderung mengharapkan kandidat yang memiliki kemampuan literasi digital dasar.

Baca Juga :  Ketentuan Pendaftaran Bagi Calon Penerima KIP Kuliah Tahun 2024

Menteri Budi Arie menekankan bahwa saat ini generasi muda memiliki akses tak terbatas pada informasi, yang membuka peluang untuk meningkatkan keterampilan, mengembangkan minat dan bakat, mendorong inovasi, dan produktivitas.

Sementara transformasi digital membawa peluang, Menteri Budi Arie juga mengakui adanya tantangan, seperti rendahnya kapasitas sumber daya manusia (SDM), ketidaksetaraan akses, penyebaran konten negatif di ruang siber, dan ancaman keamanan di ruang digital.

Menteri Budi Arie mendorong lulusan STMM untuk terus memperbarui diri dengan berbagai keterampilan yang dibutuhkan di era transformasi digital.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lantik Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/BPN

Ia juga mencatat lima keterampilan yang diharapkan oleh pelaku bisnis dalam lima tahun ke depan, antara lain kemampuan berpikir kreatif, berpikir analitis, literasi teknologi, rasa ingin tahu dan pembelajaran sepanjang hayat, serta ketangguhan, fleksibilitas, dan ketangkasan.

Terakhir, Menkominfo mengajak para lulusan untuk berkontribusi secara aktif terhadap digitalisasi nasional. Ia berharap agar mereka dapat terus mengasah kemampuan demi mewujudkan talenta digital nasional yang handal, menyambut babak baru dalam perjalanan profesional di era digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *