News  

Presiden Buka Istana Berbatik, Ajak Masyarakat Lestarikan Seni Budaya Indonesia

Walai.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka pagelaran Istana Berbatik yang digelar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu malam, 1 Oktober 2023.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya.

Dalam sambutannya, Presiden mengungkapkan pentingnya melestarikan dan mengembangkan seni budaya Indonesia, khususnya batik, sebagai warisan yang berharga. Beliau mengajak masyarakat di seluruh Tanah Air untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya Indonesia.

Baca Juga :  Makassar Government Center (MGC) Siap Beroperasi pada Juli

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya,” ujar Presiden.

Ia juga menegaskan bahwa batik adalah salah satu aset budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan dengan baik.

Istana Berbatik menjadi ajang penting untuk mempromosikan keindahan dan keunikan batik Indonesia. Dalam pagelaran ini, para seniman batik dari berbagai daerah di Indonesia turut berpartisipasi, menampilkan karya-karya unik mereka yang menggambarkan beragam motif dan corak batik tradisional.

Baca Juga :  Polri Himbau Masyarakat untuk Berkendara Aman dalam Arus Balik Lebaran

Presiden Joko Widodo juga menyatakan komitmen pemerintah dalam mendukung industri batik Indonesia, termasuk memfasilitasi para perajin batik untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk mereka. Beliau berharap agar batik Indonesia dapat terus bersinar di mata dunia sebagai simbol keindahan dan kekayaan seni budaya bangsa.

Dengan dibukanya Istana Berbatik ini, diharapkan masyarakat Indonesia semakin merasa terinspirasi untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan seni budaya yang menjadi bagian penting dari identitas dan kebanggaan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *