News  

Kapolri Pimpin Pengiriman Kontingen Garuda Bhayangkara Misi Perdamaian Dunia

Walai.id, Nasional – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melepas keberangkatan Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 Minusca yang akan bertugas di Bangui, Afrika Tengah dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Kontingen ini terdiri dari 140 personel Polri, termasuk 116 Polisi (Polki) dan 24 Polwan. Total, Polri telah mengirimkan 3.184 personel ke Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB.

Pada upacara pelepasan yang digelar di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, pada Selasa, 19 September 2023, Kapolri mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Kementerian Luar Negeri, Divhubinter Polri, dan semua pihak yang telah mendukung persiapan kontingen ini.

Kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca telah menjalani latihan pra-penugasan selama 7 bulan di Pusat Misi Internasional Polri di Serpong. Mereka telah dibekali dengan kemampuan berstandar PBB, termasuk dalam penanganan huru hara, pencarian dan penyelamatan, investigasi, intelijen, negosiasi, kontra terorisme, perlindungan VIP, penembak jitu, komunikasi elektronik, teknik mesin, hingga pertolongan medis dalam pertempuran.

Baca Juga :  Program Asuransi Wajib Kendaraan Menunggu Peraturan Pemerintah

Kapolri berharap upacara pelepasan ini akan meningkatkan kebanggaan dan semangat seluruh personel Garbha Satgas FPU 5 Minusca. Ia juga berharap agar pelaksanaan misi dapat berjalan dengan optimal dan berkontribusi pada perdamaian di wilayah penugasan.

Kapolri menjelaskan bahwa Indonesia, sebagai anggota PBB, berkomitmen untuk mendukung pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional sesuai dengan Piagam PBB yang ditandatangani pada 26 Juni 1945. Kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca terdiri dari personel yang telah melewati seleksi dan penilaian ketat serta menjalani pelatihan pra-penugasan selama 7 bulan sesuai dengan standar PBB.

Baca Juga :  Polri Gandeng BSSN Gelar Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi Calon Taruna Akpol

Kapolri meminta agar kontingen ini menjalankan tugasnya dengan disiplin dan profesionalisme. Ia berharap agar kontingen ini dapat menyelesaikan misi dengan baik dan meraih penghargaan dari organisasi internasional, pemerintah, dan kepolisian setempat, seperti yang telah dicapai oleh kontingen Indonesia sebelumnya.

Selain itu, Kapolri juga menyampaikan bahwa prestasi yang diraih oleh kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca akan memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Dengan tingginya tingkat kepercayaan internasional, kredibilitas Indonesia akan lebih diakui, dan kedaulatan Indonesia akan lebih dihormati.

Upacara pelepasan kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Polri, termasuk Irwasum Polri, Kabareskrim Polri, Kabaintelkam Polri, Kabaharkam Polri, Kalemdiklat Polri, Asops Polri, Asrena Polri, ASSDM Polri, Kadivhumas Polri, Kadivpropam Polri, Kahubinter, Kapusdokkes, serta perwakilan Komisi III DPR RI dan perwakilan Polisi Luar Negeri.

Tinggalkan Balasan