News  

Tim Indonesia Meraih Prestasi dengan Empat Medali pada Olimpiade Informatika Internasional 2023

Walai.id, Tangerang – Siswa-siswa berbakat Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di dunia informatika. Empat siswa Indonesia berhasil meraih tiga medali perak dan satu medali perunggu dalam ajang Olimpiade Informatika Internasional (International Olympiad in Informatics/IOI) ke-35 yang berlangsung dari 28 Agustus hingga 4 September 2023 di Szeged, Hungaria.

Prestasi gemilang ini disumbangkan oleh Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru, Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Surabaya yang meraih medali perak, serta Joel Gunawan dari SMAS Kristen Gloria 2 Surabaya yang meraih medali perunggu.

Tatang Muttaqin, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta, mengucapkan selamat dan mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian luar biasa para siswa tersebut. Dalam sambutannya di Bandara Soekarno Hatta, Tatang menjelaskan betapa kompetitifnya ajang IOI dan mengungkapkan bahwa banyak dari mereka telah diterima di perguruan tinggi luar negeri dengan Beasiswa Indonesia Maju (BIM). “Mereka adalah talenta-talenta terbaik di bidang informatika, dan semoga mereka akan berkontribusi dalam pengembangan transformasi digital di Indonesia di masa depan,” ujar Tatang.

Baca Juga :  Makassar Promosikan Budaya Lokal di Malam Festival Budaya Nusantara APEKSI XVII

Hendarman, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), juga memberikan apresiasi tinggi kepada para siswa yang telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. “Selamat dan sukses atas prestasi yang luar biasa ini. Semoga pengalaman berharga ini akan mendorong mereka untuk terus berprestasi di masa mendatang,” kata Hendarman.

Para siswa Indonesia yang berpartisipasi dalam IOI 2023 didampingi oleh tim pembina yang terdiri dari Ashar Fuadi, Jonathan Irvin Gunawan, Prabowo Djonatan, Yohandi, dan Brian Marshal. Kelima pembina ini merupakan bagian dari Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI).

Baca Juga :  Ditjen Pendidikan Vokasi Teken Kerja Sama untuk Pengembangan SDM Industri Gim

Prabowo Djonatan, salah satu pembina, mengungkapkan bahwa meskipun soal-soal yang diuji pada IOI tahun ini lebih sulit, tim Indonesia tampil gemilang dengan mencapai nilai yang tinggi. “Tim Indonesia telah memberikan yang terbaik dalam ajang IOI ke-35. Prestasi ini adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi mereka,” ungkap Prabowo.

Matthew Allan, salah satu peraih medali perak, merasa bersyukur karena bisa berkontribusi untuk Indonesia. “Saya sangat bersyukur bisa membawa prestasi ini untuk Indonesia. Pesan untuk teman-teman yang lain adalah rajin belajar, berdoa, dan tidak pernah menyerah. Terima kasih kepada Kemendikbudristek dan pembina yang selalu mendukung kami,” kata Matthew.

Prestasi cemerlang tim Indonesia dalam ajang IOI 2023 adalah bukti kemampuan dan komitmen siswa-siswa Indonesia dalam bidang informatika yang semakin mengukuhkan posisi Indonesia dalam arena internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *