News  

KTT ke-43 ASEAN, Menteri PPPA Mendorong Wujudkan Kawasan Ramah Perempuan dan Anak

Walai.id, Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, hadir dalam Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5 September.

Menteri Puspayoga, yang mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam acara tersebut, menyatakan dukungan penuh Kementerian PPPA terhadap KTT ke-43 ASEAN.

Dia juga menegaskan kesiapan untuk berperan aktif dalam implementasi hasil kesepakatan bersama. Menteri Puspayoga meyakini bahwa kesepakatan yang dihasilkan dari KTT ini akan memberikan dampak positif langsung bagi perempuan dan anak, serta membangun kawasan yang ramah terhadap mereka. Ini termasuk hasil kesepakatan dari KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada Mei lalu.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Tinjau Proyek Pengendalian Banjir Rob di Semarang

Menteri PPPA menyatakan, “Ini adalah momentum bagi kita untuk bersama-sama mewujudkan kawasan yang mengedepankan pengarusutamaan gender, pemenuhan hak, serta perlindungan bagi perempuan, anak, dan kelompok rentan lainnya. Dimulai dari negara kita sendiri, kawasan ASEAN, hingga di tingkat global.”

Baca Juga :  Presiden Jokowi Pimpin Rapat Bahas Potensi Budidaya Kratom

Selain itu, Menteri Puspayoga mengungkapkan bahwa sebelumnya Kementerian PPPA telah mengadakan dua konferensi pada Juli 2023 di Yogyakarta, yaitu Konferensi Pengarusutamaan Gender dan KTT Perdamaian dan Keamanan Perempuan ASEAN.

Konferensi-konferensi ini bertujuan untuk mempercepat implementasi pengarusutamaan gender di ASEAN dan membangun komitmen perlindungan perempuan dan anak dalam situasi konflik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *