News  

Presiden Joko Widodo Memerintahkan Penanganan Cepat Kelaparan di Papua Tengah

Walai.id, Nasional – Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk segera menangani masalah kelaparan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir di wilayah Papua Tengah.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Negara dalam keterangan kepada awak media setelah meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta pada Senin, 31 Juli 2023.

“Saya sudah memerintahkan kepada Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Menteri Sosial, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan juga di daerah di Papua untuk segera menangani masalah ini dengan secepat mungkin,” ujar Presiden.

Baca Juga :  Kadiv Humas Polri Ajak Pimpinan Media Bersinergi Tingkatkan Literasi Masyarakat dan Taat Hukum

Menurut Presiden, masalah kelaparan ini disebabkan oleh beberapa faktor, terutama cuaca ekstrem. Dalam kondisi cuaca ekstrem, tanaman tidak dapat tumbuh di daerah tersebut, sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan makanan.

“Namun, perlu ditegaskan bahwa ini adalah daerah spesifik yang pada musim tertentu, seperti musim salju, tidak ada tanaman yang dapat tumbuh karena letaknya berada di ketinggian yang sangat tinggi,” ungkap Presiden.

Baca Juga :  Gibran Rakabuming Raka Hadiri Deklarasi BPP Sulsel

Selain itu, faktor keamanan juga menjadi salah satu masalah yang menghambat pengiriman bantuan secara lancar. Oleh karena itu, Presiden juga telah memerintahkan jajaran TNI untuk membantu mengawal pengiriman bantuan tersebut.

“Daerah tersebut selalu menghadapi kendala seperti ini, dengan medan yang sangat sulit dan pesawat tidak dapat mendarat dengan aman, sehingga masalah ini selalu muncul,” ucap Presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *