News  

Presiden Prioritaskan Penurunan Tingkat Stunting di Seluruh Indonesia

Walai.id, Nasional – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Posyandu Sarimulyo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, pada 21 Juli 2023, untuk meninjau upaya penurunan tingkat stunting di wilayah tersebut.

Dalam pernyataannya kepada media, Presiden menegaskan komitmen pemerintah untuk terus menurunkan angka stunting di seluruh daerah.

“Hari ini saya datang ke Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, untuk memastikan kesehatan semua anak-anak dan balita kita. Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional, kita ingin memastikan bahwa tingkat stunting selalu menurun setiap tahunnya. Meskipun tidak bisa langsung hilang, tapi harus terus menurun,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan di Kabupaten Seluma yang berhasil menurunkan angka stunting sebesar 4 persen.

Baca Juga :  Kemenperin Perjuangkan Kepentingan Industri Manufaktur Indonesia

“Saya senang melihat penurunan 4 persen di Kabupaten Seluma, ini hasil yang bagus,” tambahnya.

Di posyandu tersebut, Presiden dan Ibu Iriana meninjau pemeriksaan fisik bayi dan balita yang hadir. Kegiatan pemeriksaan fisik rutin ini dinilai sangat penting untuk memastikan pertumbuhan anak-anak tetap sehat.

“Melalui pemeriksaan rutin ini, kita ingin memastikan kesehatan anak-anak kita dan memastikan mereka memiliki masa depan yang cerah sebagai sumber daya manusia unggul di masa depan,” tegasnya.

Selain itu, Presiden kembali menegaskan bahwa pemerintah memiliki target menurunkan tingkat stunting secara nasional menjadi di bawah 14 persen pada tahun 2024. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan memberikan anggaran yang mencukupi.

Baca Juga :  Presiden Jokowi: IKN Akan Tingkatkan Potensi Ekonomi Pertanian di Sulsel

“Kita memiliki target untuk tahun depan, yaitu tahun 2024, tingkat stunting harus berada di bawah 14 persen. Oleh karena itu, pemerintah akan terus meningkatkan alokasi anggaran karena ini adalah prioritas kita,” jelasnya.

Presiden juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus memantau dan mengawasi penurunan tingkat stunting secara rutin guna mengendalikan situasi di setiap daerah.

“Kita akan terus melakukan pengecekan setiap dua minggu, setiap bulan untuk memonitor penurunan tingkat stunting. Dengan cara ini, kita dapat melihat perkembangan dan langkah apa yang perlu diambil,” ucapnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Bupati Seluma Erwin Octavian juga turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan ini.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan