News  

Mendag Zulkifli Hasan: Indonesia Siap Menyelesaikan IEU-CEPA pada 2024

Walai.id, Nasional – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menerima kunjungan Komite Perdagangan Internasional Parlemen Eropa (INTA) di Jakarta, pada Rabu 21/06/2023.

Mereka membahas perkembangan perundingan IEU-CEPA. Mendag Zulkifli menyatakan bahwa Indonesia siap menyelesaikan perundingan tersebut pada 2024. 

“Mengingat hal ini, kami meminta dukungan dari Parlemen Eropa, khususnya Komite INTA, dalam menyelesaikan negosiasi ini,” tegas Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Cegah Judi Online, Kominfo Gencarkan Sosialisasi dan Edukasi

Ia juga mengungkapkan keberatannya terhadap kebijakan lingkungan Uni Eropa terkait deforestasi. Indonesia berharap Uni Eropa membatalkan regulasi tersebut. 

“Kebijakan ini tidak sejalan dengan semangat kerja sama dan dapat berdampak negatif pada petani kecil. Kami berharap Uni Eropa dapat membatalkan regulasi ini,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan. 

Uni Eropa telah menerbitkan Regulasi Deforestasi dan Degradasi Hutan pada 9 Juni 2023, yang mewajibkan pengujian tertentu bagi produk-produk pertanian dan kehutanan sebelum masuk ke pasar Uni Eropa.

Baca Juga :  Munaslub PELTI Digelar Untuk Isi Kekosongan Ketua Umum

Mendag juga menyoroti penanganan sengketa di WTO dan pentingnya kerja sama dagang yang saling menguntungkan antara kedua pihak.

“Indonesia menghormati kebebasan suatu negara untuk berkembang berdasarkan kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya. Oleh karena itu, diharapkan negara lain juga menghormati Indonesia,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *