News  

Kadisdik dan Bunda PAUD Kota Makassar Gelar Sosialisasi Transisi PAUD-SD

Walai.id, Makassar – Pokja PAUD Kota Makassar menggelar sosialisasi transisi PAUD ke SD dengan konsep yang menyenangkan kepada pengurus Pokja PAUD dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Makassar.

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Bunda PAUD Kota Makassar Indira Yusuf Ismail didampingi oleh Kepala Disdik dan Ketua Pokja PAUD di Baruga Anging Mamiri, pada Senin (5/06/2023).

Sebanyak 50 Pengurus IGTKI Perempuan Kota Makassar yang merupakan kepala sekolah hadir dalam sosialisasi tersebut.

Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin menjelaskan sosialisasi ini dalam rangka pemberian arahan terkait regulasi baru yang tertuang dalam surat Edaran No. 0759/C/HK.04.01/2023. Kebijakan itu mengatur tentang penguatan transisi dari jenjang TK ke SD yang menyenangkan.

Baca Juga :  Asisten I Bidang Pemerintahan Maros Terima Kunjungan Kepala Markas Besar TNI Angkatan Udara

Kepala Disdik pun menuturkan khusus di Kota Makassar, regulasi baru transisi PAUD ke SD akan dijalankan melalui program sekolah terintegrasi Disdik Makassar dengan persiapan bersekolah satu tahun pra SD.

“Kegiatan kita hari ini, kita sudah ada program sekolah 10 tahun, jadi dalam transisi itu ada wajib satu tahun pra SD, sudah ada Perwali dari Wali Kota Makassar,” urai dia.

Sementara itu, Indira mendukung penuh program transisi PAUD ke SD tersebut. Melalui sosialisasi ini, dirinya ingin menyatukan persepsi pengurus IGTKI terkait program yang akan dijalankan terhadap regulasi baru tersebut.

“Transisi PAUD ke SD itu kita sama-sama menyusun konsep pendidikan yang menyenangkan sehingga anak-anak mau belajar,” jelasnya.

Baca Juga :  Makassar Promosikan Budaya Lokal di Malam Festival Budaya Nusantara APEKSI XVII

Lanjut, Indira menganggap transisi PAUD ke SD adalah proses penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar.

Sehingga, Indira ingin agar para guru memberikan pembelajaran bukan hanya sekedar formalitas harian. Guru perlu memikirkan bagaimana membangun kemampuan pada anak secara bertahap dari PAUD Hingga SD.

“Kita harus pikirkan apa yang kita mau lakukan dengan anak-anak kita ini, bukan sekedar masuk pagi pulang sore, tapi bagaimana kita menciptakan suasana agar kita bahagia mengajar sehingga anak-anak senang belajar,” kata Indira.

Indira berharap semua pihak terkait dan secara khusus hari ini, para Kepala Sekolah dan Penyelenggara PAUD berperan aktif dalam menyukseskan Gerakan Transisi PAUD menuju Sekolah Dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *