News  

Presiden Apresiasi Kunjungan Tingkat Kepala Pemerintahan Ceko ke Indonesia

Walai.id, Nasional – Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kunjungan Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala, ke Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa, 18 April 2023. 

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan tingkat kepala pemerintahan yang pertama dari Republik Ceko ke Indonesia.

“Kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan persnya.

Tidak hanya Perdana Menteri Fiala dan delegasi terbatas, kunjungan kali ini juga dihadiri oleh para pengusaha dari Republik Ceko. Kehadiran para pengusaha tersebut dalam rangka merefleksikan komitmen untuk membangun dan meningkatkan kerja sama kedua negara.

Baca Juga :  Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita Dorong Investasi SANKO Holding di Indonesia

“Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta tentang ASEAN dan Indo Pasifik,” ucap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut menyampaikan sejumlah isu terkait beberapa regulasi Uni Eropa yang dinilai diskriminatif. Selain itu, Presiden juga menekankan pentingnya mendorong percepatan penyelesaian Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Baca Juga :  Resmi Dibuka Presiden Jokowi, PJ Sekda Makassar Hadiri Rakernas APEKSI XVII 2024

“Kami juga sepakat menjajaki kerja sama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building,” ungkap Presiden.

Tidak lupa, Presiden Jokowi mengundang Republik Ceko untuk turut serta melakukan investasi pada pembangunan Ibu Kota Nusantara. Presiden dan PM Fiala juga membahas terkait rencana penyelenggaraan ASEAN Indo Pacific Infrastructure Forum yang akan berlangsung pada bulan September mendatang.

“Sebagai penutup, saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Fiala atas pertemuan yang produktif ini,” tutur Presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *