News  

Mensos Serahkan Bantuan YAPI Korban Gempa Cianjur

Walai.id, Cianjur – Menteri Sosial Tri Rismahari menginginkan anak-anak yatim piatu (YAPI) yang orangtuanya meninggal akibat gempa Cianjur agar memiliki cita-cita yang tinggi. Pernyataan tersebut disampaikan saat Mensos bertatap muka dengan anak-anak penerima bantuan YAPI di posko pengungsian gempa Cianjur di Lapangan Jagaraksa Warungkondang pada Jum’at (16/12).

“Jangan sampai anak-anak putus sekolah ya. Teruslah belajar, gantungkan cita-citamu setinggi tingginya. Jangan karena musibah ini membuat masa depan kalian semua pupus,” kata Mensos yang disambut anggukan oleh anak-anak yang hadir. 

Gempa Cianjur tidak hanya menyisakan duka mendalam bagi warga terdampak, tapi juga membuat anak-anak kehilangan pengasuhan orangtua. Sejak gempa melanda Cianjur pada 21 November lalu, Kemensos telah mendata setidaknya 30 anak yang kehilangan orangtuanya akibat gempa. Anak-anak tersebut telah diberikan bantuan YAPI berupa tabungan dengan nilai Rp200 ribu per bulan. 

Baca Juga :  Kemenperin Menggelar Business Matching dan Siapkan Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Kemensos juga menetapkan 135 anak YAPI lain di Cianjur, yang orangtuanya meninggal bukan karena gempa. Mereka juga akan mendapat bantuan serupa. Pendataan anak YAPI di Cianjur masih berlangsung sehingga kemungkinan jumlah anak YAPI akan bertambah. 

Salah satu anak penerima, Yara, YAPI mengaku senang dan  tak menyangka bisa bertemu langsung dengan Mensos. Yara merasa termotivasi untuk terus belajar setelah mendengar motivasi dari Mensos. 

Baca Juga :  Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port

Untuk itu, gadis berkerudung ini mengucapkan rasa syukur ata perhatian yang diberikan kepadanya.

“Senang sekali terhadap perhatian Ibu Menteri. Terimakasih Ibu Risma atas kepeduliannya yang tiada henti, dan semoga Ibu Risma selalu sehat dan bahagia,” ucap Yara sambil tersenyum. 

Adapun Mensos berkunjung ke Cianjur untuk melihat kondisi terkini penyintas gempa. Risma mengecek kondisi dapur umum, tenda pengungsian, melihat produk anyaman hasil karya warga penyintas gempa,  dan sekaligus memberikan bantuan YAPI berupa tabungan dan peralatan sekolah. 

Selain di Lapangan Jagaraksa, Risma juga mengecek kondisi pengungsian di Lapangan Cariu Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *