News  

Jelang Akhir Tahun, Bapenda Maros Genjot Perolehan PAD

Walai.id, Maros – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Maros, terus menggenjot perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jelang akhir tahun, salah satunya pajak hotel.

Tahun ini realisasi penerimaan pajak hotel tengah melampaui target pajak. Dimana persentasenya mencapai sekitar 154 persen.

Kabid Pengelolaan Pendapatan Daerah di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Maros, Andi Akbar mengatakan untuk tahun ini target pajak hotel sebesar Rp2 miliar.

“Realiasasinya hingga Kamis, 15 Desember ini sudah mencapai sekitar Rp2.686.039.733 atau melebihi target yang ditetapkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Ketua Cabang PMII Maros Ajak Kader Sukseskan Pemilu Serentak

Untuk penerimaan pajak terbesar kata dia, berasal dari Hotel Ibis di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Mantan Kasi Pengelolaan Obyek dan Daya Tarik Pariwisata Bantimurung ini mengakui jika penerimaan pajak hotel terbesar bersumber dari 12 objek pajak hotel dan wisma.

“Kita optimis tahun depan angkanya bisa lebih meningkat lagi. Apalagi Grand Town Hotel akan melakukan penambahan 60 Kamar hotel dan beroperasi tahun depan,” jelasnya.

Saat ini kata dia, jumlah kamar yang berfungsi sebanyak 88 unit.

Baca Juga :  Irfan AB Dorong Modernisasi Pengelolaan Pondok Pesantren

Selain itu, pihaknya juga akan menyasar pajak di sejumlah penginapan dan tempat kos yang memenuhi syarat untuk dikenakan pajak hotel sesuai arahan Kepala Badan Pendapatan.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Maros, Takdir mengatakan jika pihaknya telah menugaskan tim pengelola pajak hotel untuk melakukan pendataan sejumlah penginapan dan tempat kos yang memenuhi syarat untuk dikenakan pajak hotel.

“Karena masih banyak penginapan dan tempat kos yang memenuhi syarat namun belum dikenakan pajak hotel. Jika semuanya masuk, maka kita optimis penerimaan pajak dari pajak hotel bisa lebih meningkat lagi tahun depannya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *